36 Anggota Panwascam Dilantik Bawaslu Tapin

banner 468x60

TAPIN – Dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Tapin, Sebanyak 36 orang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dilantik Bawaslu Tapin, Kalimantan Selatan, di Pendopo Galuh Bastari, Sabtu, (25/05).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin, Abid Fikasi Gulo menyampaikan, anggota Panwascam yang dilantik dan diambil sumpahnya saat ini sebanyak 36 orang.

banner 336x280

“Masing – masing 3 orang dari total 12 Kecamatan se Kabupaten Tapin. Dan dari total 36 orang Panwascam ini, 50 persen diantaranya merupakan anggota baru dan sisanya anggota Panwascam pada Pileg Februari 2024 kemarin”, ungkapnya.

Ketua Bawaslu Tapin menyampaikan bahwa masa pendaftaran rekrutmen Panwascam ini sebelumnya sempat diperpanjang, karena ada salah satu Kecamatan yakni Hatungun, dimana jumlah pendaftarnya kurang dari kuota yang telah ditentukan sesuai aturan.

“Akan tetapi semua sudah clear dan saat ini seluruh anggota Panwascam tinggal melaksanakan tugas, salah satunya mengelar rapat pleno untuk menentukan struktur organisasi siapa yang akan jadi ketua dan anggota”, jelasnya.

Abid mengatakan, 10 bulan kedepan Panwascam Pilkada ini akan bertugas dan selanjutnya akan dilaksanakan pembekalan sesuai divisi dan tupoksinya masing – masing.

“Fasilitas antara lain sekretariat di seluruh Kecamatan juga honor untuk masing – masing anggota Panwascam”, Katanya.

Sementara, Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin inginkan semua anggota Panwascam memiliki integritas yang tinggi, profesional dan independen.

“Panwas memiliki peran strategis dan tugas mulia. Jadi, jangan mudah tergoda oleh hal – hal yang dapat mengganggu proses demokrasi”, pinta Syarifuddin.

Katanya, Panwascam harus adil dan tidak diskriminatif dan bekerja sesuai tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai mana diamanatkan peraturan perundang-undangan berlaku.(J10/R).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *