BALIKPAPAN – Menyambut Hari Pelanggan Nasional, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Agung Nugroho hadir langsung di Kantor Cabang Balikpapan untuk memastikan bahwa layanan dan manfaat yang diberikan telah dirasakan oleh para peserta, Rabu (4/9).
Hal tersebut dilakukan untuk menegaskan komitmen bahwa layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kian mudah diakses dan manfaatnya berdampak optimal bagi pekerja dan keluarga.
Pada kesempatan ini, Agung Nugroho bersama Kepala Kantor Cabang Balikpapan Teldi Rusnal menyerahkan secara langsung klaim Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris,
Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Perumahan dan juga penghargaan kepada mitra rumah sakit yakni RS Siloam dan RS Pertamina Balikpapan.
“Saya atas nama pribadi dan BPJS Ketenagakerjaan mengucapkan selamat Hari Pelanggan Nasional bagi peserta. Sebuah kebanggaan bagi kami telah diberi kepercayaan untuk melindungi pekerja di seluruh penjuru Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik agar pekerja dan keluarga bisa benar-benar merasakan manfaat dari program pemerintah ini,” ungkap Agung.
Dalam rangkaian kegiatan di Balikpapan, Dewas BPJS Ketenagakerjaan juga menyambangi Kantor Baznas Balikpapan untuk menyampaikan apresiasi atas telah didaftarkannya 3.034 orang guru TPA, imam masjid, kaum dan marbot masjid, sekaligus menyerahkan simbolis santunan kepada ahli waris dari guru TPA.
“Alhamdulillah saya dapat bertemu Pak Abdul Rosyid Bustomi, tokoh inspiratif yang telah memberikan perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan kepada para ustaz-ustazah, marbot masjid, guru ngaji dan sudah merasakan manfaatnya,” ungkap Agung
Sampai saat ini telah terdapat 8 ahli waris dari peserta yang sudah terdaftar mendapatkan manfaat santunan dengan total Rp 336 juta. Pada kesempatan ini Ketua Baznas Balikpapan Abdul Rosyid Bustomi menyatakan bahwa ke depannya kerjasama ini akan terus ditingkatkan.
“Bukan hanya ini, insyaallah guru-guru pesantren pun akan kita daftarkan di BPJS Ketenagakerjaan”, tandasnya
Rosyid juga mengimbau agar masyarakat berzakat melalui Baznas Balikpapan, karena akan dimanfaatkan 100% untuk warga Balikpapan.
Peringatan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September selalu menjadi momen khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk hadir lebih dekat dengan para peserta. Dengan mengusung tema Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi, BPJS Ketenagakerjaan serentak menghadirkan kemeriahan di seluruh kantor cabang melalui berbagai kegiatan.
Tidak hanya itu, Harpelnas tahun ini juga dimanfaatkan seluruh jajaran direksi dan dewan pengawas untuk mengunjungi dan mendengar kisah-kisah inspiratif dari peserta yang telah merasakan manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan, Teldi Rusnal, juga menambahkan, “Kami di BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta. Dalam momentum Hari Pelanggan Nasional ini, kami tidak hanya merayakan, tetapi juga mengevaluasi bagaimana layanan kami dapat lebih mudah diakses dan dirasakan manfaatnya oleh pekerja dan keluarga di Balikpapan. Kami siap untuk terus berinovasi, menghadirkan layanan yang responsif dan tepat sasaran, serta memastikan bahwa seluruh pekerja di wilayah ini terlindungi secara optimal.”
Ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi dengan berbagai mitra, seperti rumah sakit dan Baznas, untuk memastikan perlindungan dan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat. (ist)