Pemasangan Pipa Untuk Pertanian di Desa Cempaka

banner 468x60

TAPIN – Kodim 1010/Tapin bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tapin melakukan berbagai cara mengantisipasi meluasnya lahan pertanian yang kekeringan dan gagal panen.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh  Babinsa Koramil 1010-03/Tapin Selatan  Serda Subandri bersama dengan Dinas Pertanian Tapin dari bidang sarana dan prasarana (PSP) melaksanakan pendampingan pemasangan mesin pompa air untuk mengairi areal persawahan bertempat di Desa Cempaka, Kecamatan Tapin Selatan, Jum’at, (26/04).

banner 336x280

Pemasangan pompa air ini sebagai langkah pihaknya dengan tujuan agar tidak ada lahan pertanian yang gagal panen untuk meminimalisasikan kerugian petani, apalagi petani di Kabupaten Tapin mayoritas menanam padi.

“Selain pompa air, kami pun melakukan pipanisasi untuk mengaliri air dari sumbernya ke areal lahan pertanian untuk antisipasi gagal panen,” kata Serda Subandri.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan air lahan pertanian di Kabupaten Tapin rata-rata masih mengandalkan air hujan sehingga disaat musim kemarau banyak air irigasi yang surut bahkan kering.

“Kami masih mendata luas lahan pertanian yang kekeringan hingga saat ini sekaligus menyalurkan bantuan pompa dan pipa air ke sejumlah lokasi yang terdampak becana kekeringan,” tambahnya.

Dengan adanya program pompanisasi dan pipanisasi diharapkan para petani bisa  mengolah lahan pertanian secara optimal karena untuk mengairi sawahnya  tidak lagi mengandalkan air hujan.

“Setelah para petani memakai pompa air diharapkan terjadi peningkatan pola tanam, produktivitas dan pendapatan atau kesejahteraan,”Tutupnya.(1010).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *