Profil Sugiono, Menteri Luar Negeri Kabinet Merah-Putih

banner 468x60

BALIKPAPAN – Kemarin, Minggu 20 Oktober 2024 Presiden Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto mengumumkan secara resmi kabinet dan menterinya.

Salah satu menteri dari kabinet Merah-Putih adalah Sugiono, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, resmi ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri RI (Menlu) dalam kabinet Prabowo Subianto itu, Senin (21/10/2024).

banner 336x280

Lantas, siapa sebenarnya sosok Sugiono yang kini menduduki posisi Menteri Luar Negeri?

Sugiono dikenal memiliki pengalaman yang luas baik di bidang militer maupun di bidang politik.

Dia juga merupakan politikus Gerindra kelahiran Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979. Dia merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara pada 1997. Saat ini, Sugiono menjabat sebagai Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) serta Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

Sugiono yang berusia 45 tahun, menghabiskan masa kecilnya di Aceh. Ia menempuh pendidikan dasar di SDN 1 Takengon dari 1985 hingga 1991, kemudian melanjutkan ke SMPN 3 Banda Aceh dari 1991 hingga 1994.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMP, Sugiono melanjutkan studinya di SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1994 hingga 1997. Cita-citanya untuk menjadi seorang prajurit mendorongnya mendaftar sebagai calon taruna AKABRI.

Danjen Kopassus saat itu adalah Mayor Jenderal TNI Prabowo Subianto meluncurkan program pengiriman alumni SMA Taruna Nusantara ke perguruan tinggi militer di Amerika Serikat melalui beasiswa.

Sugiono sebelum menjadi prajurit TNI mendapat kesempatan belajar di luar negeri untuk mengikuti pendidikan sebagai kadet di Norwich University, kampus militer tertua di Amerika Serikat.

Saat masa pendidikannya di Amerika Serikat, ia meraih gelar sarjana dari program studi teknik komputer di Norwich University, dan sempat tinggal serta bekerja di Rhode Island.

Setelah kembali ke Indonesia, Sugiono melanjutkan pendidikan calon perwira TNI (PA PK) di Akademi Militer Magelang. Ia lulus pada tahun 2002 dan dilantik sebagai Letnan Dua korps Infanteri.

Saat menjadi prajurit TNI AD, Sugiono pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo Subianto sebelum membentuk Partai Gerindra dan ia sudah dipercaya untuk mendampingi Prabowo sejak lama.

Tak lama setelah itu, Sugiono terjun ke dunia politik sebagai anggota Dewan Pendiri Partai Gerindra dan aktif sebagai kader sejak 2008. Kemudian ia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra untuk periode 2020-2025, dan antara 2021 hingga 2024, ia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI.

Sugiono juga dikenal sebagai salah satu anak ideologis Prabowo karena kecerdasan dan posisinya sebagai orang terdekat Presiden Prabowo. (wa)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *