Konsultasi Publik, Sekda Tapin: Urgensi Perbaikan Infastruktur Jalan Menjadi Perhatian RDTR Binuang

TAPIN – Konsultasi publik tahap kesatu Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Strategis Binuang Baru digelar Pemerintah Kabupaten Tapin di Kantor Kecamatan Binuang, Rabu, (14/08).

Pada kegiatan itu turut dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Tapin H. Sufiansyah dan Ketua DPRD Tapin sementara, Achmad Riduan Syah, Kepala Dinas PUPR Tapin Rizkan Noor, Jajaran Forkopimcam Binuang,Kepala Desa se Kecamatan Binuang,serta masyarakat dan instansi terkait lainnya.

Sekertaris Daerah Tapin, H. Sufiansyah mengatakan, RDTR dibuat bertujuan agar ada kepastian hukum dalam mengatur tata ruang wilayah untuk pembangunan dan juga membuka peluang investasi guna pengembangan ekonomi di wilayah.

“Untuk itu dalam penyusunannya perlu kajian yang mendalam dan komprehensif serta tentunya butuh masukan dari berbagai pihak termasuk konsultan juga masyarakat”, ungkap Sufiansyah.

Dirinya mengharapkan tata ruang wilayah yang disusun ini khususnya dalam hal infrastruktur nantinya dapat terkoneksi antara daerah satu dengan lainnya, agar wilayah sekitaran juga ikut berkembang.

Menurutnya, urgensi pembangunan yang mesti jadi fokus perhatian pada RDTR Kawasan Strategis Binuang Baru saat ini antara lain perbaikan infrastruktur jalan.

“Perbaikan jalan – jalan ini mesti segera dilakukan, karena itu merupakan bagian dari upaya mengintegrasikan program pariwisata, pertanian, pendidikan dan lainnya di Kabupaten Tapin”,ujarnya.

Ia pun mengharapkan pengembangan Kawasan Strategis Binuang Baru ini selanjutnya bisa berkembang kedaerah sekitar lain seperti Kecamatan Hatungun, Salam Babaris,Tapin Selatan dan lainnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat bagi yang hendak mendirikan bangunan terutama yang lokasinya dipinggir jalan yang akan dikembangkan, agar terlebih dahulu konsultasi dengan pemerintahan setempat dan selalu memperhatikan nilai estetik dan disesuaikan RDTR yang ada.

Sementara, Ketua DPRD Tapin sementara, Achmad Riduan Syah menyambut baik dan mengapresiasi pemerintah daerah yang sedang menyusun RDTR kawasan strategis Binuang Baru tersebut.

Menurutnya, penyusunan RDTR ini harus memperhatikan keselarasan dengan apa yang jadi kebutuhan dasar masyarakat sekitar juga bersifat visioner, sehingga tujuan utama dari sebuah pembangunan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini dapat tercapai.

“Pada prinsipnya DPRD mendukung apa yang dirumuskan sekarang, dan yang tak kalah pentingnya bagaimana pada RDTR ini dapat memberikan kemudahan bagi para investor yang hendak berinvestasi di Kabupaten Tapin, agar bisa berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat tapin”, pungkasnya.(R).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *