Desa Bitahan Baru Raih Penghargaan Proklim Lestari Dari KLHK RI

TAPIN – Menteri LHK RI, Siti Nurbaya di JCC, menyerahkan penghargaan Proklim 2024 kategori Lestari dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Jumat, (09/08) lalu.

Saat dikonfirmasi, Selasa, (13/08), Kepala Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Safaruddin mengungkapkan, Alhamdulillah pada tahun 2024 ini Desa Bitahan Baru menerima penghargaan Proklim lestari dari Kementerian LHK RI.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut tidak serta merta bisa didapatkannya akan tetapi berkat upaya dan kerja keras pihaknya bersama masyarakat serta dukungan dan bimbingan juga binaan dari pemerintah daerah dan perusahaan yang beroperasi disekitar wilayahnya.

“Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin, dan perusahaan terutama PT BRE yang selama ini telah membimbing, membina dan banyak membantu, sehingga desa kami berhasil meraih penghargaan Proklim Lestari ini”, ucap Kepala Desa Bitahan Baru.

Sementara, Sekertaris Daerah Kabupaten Tapin,H.Sufiansyah mengaku bangga dan senang karena pada tahun 2024 ini ada 5 penghargaan dari KLHK RI tentang Proklim yang berhasil diraih Kabupaten Tapin,salah satunya kategori Lestari yang didapatkan Desa Bitahan Baru.

Menurutnya,raihan ini tentunya berhasil didapatkan karena adanya peran serta dari banyak pihak diantaranya dukungan dan kolaborasi antara Pemkab Tapin bersama swasta atau perusahaan.

“Semoga capaian ini dapat memotivasi desa – desa lainnya di Kabupaten Tapin dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan meningkatkan kemampuan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta pengurangan emisi gas rumah kaca atau mendukung mengendalikan perubahan iklim global berkelanjutan”,harapnya.

Terpisah,salah satu perusahaan yang aktif membina Program Kampung Iklim (Proklim) Desa Bitahan Baru,antara lain PT BRE anak perusahaan dari Padang Karunia dan Hasnur Group melalui perwakilannya, Corporate Affairs Manager,Joko Bagiono menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Desa Bitahan Baru yang meraih penghargaan Proklim kategori Lestari dari KLHK RI.

Joko Bagiono mengatakan,Bitahan Baru merupakan salah satu desa yang berada di ring satu perusahaannya, sehingga jadi salah satu desa yang sejauh ini jadi fokus binaan dalam berbagai program dintataranya dalam mendukung Proklim.

Dikatakannya,dana coroporate social resfoncibillity (CSR) PT BRE juga banyak disalurkan ke desa ini khususnya dalam upaya mendukung program kampung iklim seperti penyediaan tempat sampah, wadah penampung air bersih bagi rumah tangga, penyediaan lahan pertanian, peternakan, budidaya pertanian organik, penyediaan solar cell dan lainnya.

“Harapan kami kedepannya (2025) dan seterusnya ada desa binaan lainnya yang bisa meraih penghargaan serupa.PT BRE  komitmen kolaborasi dengan pemerintah daerah tentang pembinaan ini akan terus dilanjutkan khususnya terkait Proklim di Desa – desa ring satu perusahaan”, pungkasnya.(J/R).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *