Lokasi Penjemputan Penumpang Bandara SAMS Berubah?

BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mulai memberlakukan perubahan lokasi penjemputan penumpang di mulai dari 25 Juli 2024 lalu.

Perubahan ini dengan tujuan untuk menyambut HUT Republik Indonesia Ke-79 dan meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang. (31/07)

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Ahmad Syaugi Shahab menyatakan semua kendaraan pribadi yang menjemput penumpang kini diarahkan melalui gedung parkir di lantai 1. Namun, angkutan darat yang bekerja sama dengan bandara, seperti taksi, shuttle bus, kru, penyandang disabilitas, dan VIP, tetap menggunakan flow pickup zone yang lama.

“Apa yang dilakukan ini merupakan langkah awal dari upaya peningkatan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang datang, terutama menjelang perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara serta mengantisipasi lonjakan penumpang,”ucapnya.

Syaugi juga menambahkan, perubahan ini merupakan simulasi dan kami butuh masukan dari para pengguna karena memang tidak mudah dan menuai pro dan kontra pastinya. Dan jika ternyata merugikan, akan di evaluasi kembali terkait perubahan ini.

Dia menjelaskan, kerja sama dengan instansi terkait, seperti Otoritas Bandara, TNI/Polri, juga dijalankan selama sepekan untuk simulasi ini, dan ada kemungkinan diperpanjang hingga satu bulan.

Sebagai informasi, kapasitas gedung parkir Bandara SAMS Sepinggan saat ini dapat menampung 1.506 kendaraan roda empat dan 828 kendaraan roda dua. Untuk parkir terbuka, tersedia kapasitas untuk 227 kendaraan roda empat dan delapan bus.

“Yang kami utamakan adalah tempat parkir yang sudah siap dan lift yang berfungsi dengan baik. Di konsep baru ini, kendaraan jemputan hanya boleh menunggu tiga menit dan kami akan terus menutupi kekurangan yang ada dan memastikan semuanya berjalan lancar,” jelas Syaugi.

Dia menuturkan perubahan ini merupakan bagian dari persiapan Kota Balikpapan yang merupakan pintu gerbang Ibu Kota Nusantara, mengingat akan banyak halu lalang penumpang yang akan tiba di bandara SAMS ini. (wa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *