KPU Balikpapan Siapkan SDM, Infrastruktur Dan Logistik

banner 468x60

BALIKPAPAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Prakoso Yudho Lelono menyampaikan 54 hari menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pihaknya tengah berfokus di dua aspek yakni kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur termasuk logistik.

“Dua aspek itu menjadi perhatian kami saat ini,” katanya seusai mendampingi Pjs Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzakkir dan Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan saat mengecek kesiapan KPU Balikpapan jelang Pilkada, Jumat (4/10).

banner 336x280

Yudho menyebutkan, untuk kesiapan SDM itu termasuk penetapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta Pelindung masyarakat (Linmas).

“Saat ini tahapan untuk kesiapan SDM sudah mencapai 90 persen, untuk KPPS tinggal penetapan nama,” jelas Yudho.

Dalam penetapan nama KPPS itu, Yudho berharap tidak ditemukan permasalahan sehingga semua bisa berjalan lancar.

“Sementara itu, untuk Linmas nanti yang menetapkan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP),” ungkap Yudho.

​​​​​​Kemudian, lanjut Yudho untuk infrastruktur yang mencakup logistik saat ini juga tengah berjalan dimana sejumlah logistik bahkan sudah ada di gudang logistik KPU Kota Balikpapan. Nampak digudang itu terdapat bilik suara.

“Sebagian lagi masih dalam tahap pengiriman,” tuturnya.

Dia menyebutkan yang saat ini tengah dalam pengiriman adalah surat suara, alat bantu penyandang disabilitas, serta lembar Dagtar Pemilih Calon (DPC).

“DPC itu selembar kertas bergambar semua Pasangan calon (Paslon) dan memuat program-program mereka, nanti ini yang ditempel sebelum masuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” jelas Yudho.

​​​​Dia menyampaikan, KPU saat ini juga tengah memilih lokasi TPS di Kota Balikpapan, sesuai dengan catatan dari Pjs wali kota serta forkopimda.

“Hasilnya disampaikan setelah pengumuman KPPS,” demikian. (msj)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *