Harapan DP3A Dari 11 Perempuan Menjadi Anggota DPRD Kukar

TENGGARONG – 11perempuan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Periode 2024-2029.

Ucapan selamat hadir dari Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Hero Suprayetno atas dilantiknya 11 orang perempuan menjadii anggota DPRD Kukar Periode 2024-2029 tersebut.

Hero berharap dengan adanya keterwakilan perempuan di kursi parlemen maka semakin tinggi dorongan untuk penguatan kebijakan pemerintah yang mendukung pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPA).

“Keterwakilan perempuan dalam parlemen ini perlu menjadi perhatian penting. Lantaran kehadiran perempuan di parlemen diharapkan memberikan otoritas pada perempuan untuk membuat kebijakan yang berkontribusi besar pada pencapaian hak-hak perempuan, khususnya kesetaraan gender serta perlindungan yang kebih massif lagi bagi perempuan dan anak-anak di Kukar,” kata Hero.

Dirinya menjelaskan ketika perempuan mengambil bagian dalam politik, tidak hanya perempuan dan anak perempuan yang mendapatkan manfaat, tetapi juga seluruh masyarakat.

Temuan utama dalam laporan yang dibuat Westminster Foundation for Democracy bekerja sama dengan Global Institute for Women’s Leadership di King’s College London (2021) tersebut menegaskan pentingnya kontribusi perempuan bagi demokrasi. Hasil analisis terhadap lebih dari 500 penelitian mengenai dampak pemimpin perempuan dalam politik dan kehidupan publik ini menunjukkan, perempuan membawa gaya kepemimpinan kolaboratif dan inklusif.

Kepemimpinan kolaboratif dan inklusif merupakan kunci untuk mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan di masyarakat. Inilah substansi demokrasi yang sesungguhnya.

“Semoga kebijakan pemerintah yang menjadi wewenang DP3A untuk melaksanakan kegiatan berkaitan dengan PPA juga mendapat dukungan penuh dari para legislator Kukar, terlebih lagi enam Dapil di Kukar legislator perempuan Kukar semuanya ada keterwakilannya,” harapnya.

Untuk diketahui adapun 11 Perempuan Anggota Legislatif DPRD Kukar Periode 2024-2029 ialah Dapil I Dayang Marissa, Ria Handayani, Fatlon Nisa dan Annisa Mulia Utami. Dapil II Aini Faridah, Dapil III Madinah, Dapil IV Masniah, Dapil V Farida dan Hamdiah, Dapil VI Mitfahul Jannah dan Sri Muryani.

“Semoga legislator perempuan Kukar yang ada perwakilannya di seluruh Dapil ini bisa mendukung penuh kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang ditangani oleh OPD kami,” tutup Hero.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *