Ketiga Paslon Wali Kota Balikpapan Rampungkan Tes Kesehatan

BALIKPAPAN – Pasangan Calon (paslon) Rahmad Mas’ud dan Bagus Susetyo menutup tes kesehatan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan yang di laksanakan di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo pada Minggu, 1 September 2024.

Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono, menyampaikan hasil tes ketiga paslon bakal Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan ini akan diberikan secara bersamaan.

Namun Prakoso menyatakan, hasil tes kesehatan bakal calon kepala daerah tidak diumumkan kepada publik.

Hasil tes kesehatan tersebut, kata Prakoso, diserahkan kepada KPU Balikpapan dalam bentuk ringkasan dengan status sehat atau tidak sehat.

Hasil tes kesehatan ini juga akan menjadi bagian dari penilaian untuk penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan, pada tanggal 22 September 2024 mendatang.

“Jika terdapat hal-hal yang dianggap fatal dan krusial terhadap kesehatan calon pasangan, maka akan direkomendasikan oleh rumah sakit bahwa calon pasangan tersebut tidak sehat,” kata Prakoso.

Lebih lanjut, Prakoso menambahkan bahwa tim medis dari RS Kanudjoso telah menyiapkan ahli kesehatan untuk menilai hasil tes.

“Kami serahkan hasil tersebut kepada (Rumah Sakit) Kanudjoso,” ujarnya

Sementara itu Rahmad Mas’ud usai tes kesehatan, mengatakan bahwa tahapan ini menjadi bagian krusial dalam memastikan kesiapan fisik dan mental calon pemimpin daerah.

“Kan sudah disampaikan tadi sama Ibu Wakil RS Kanudjoso, ada beberapa tahapan yang sesuai dengan SOP yang tentunya ditentukan oleh KPU,” ungkap pria akrab disapa dengan inisial RM tersebut.

Ia menambahkan, meski jadwal tes kesehatan sempat tertunda, pihak Rahmad-Bagus tetap siap menghadapi proses tersebut.

“Kalau kemarin kita ada halangan karena harusnya hari Jumat (30/8/2024), karena ada beberapa agenda dan bisa diundur di Hari Ahad ini. Dan insya Allah kami sudah siap dengan Pak Bagus,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, bakal calon Wakil Walikota Balikpapan, Bagus Susetyo mengatakan bahwa tes kesehatan seperti ini sudah menjadi rutinitas tahunan yang selalu mereka jalani.

“Kalau kami kan sudah setiap tahun mendapatkan fasilitas untuk MCU, jadi seperti ini sebenarnya biasa,” ujar Bagus Susetyo.

Bagus yakin bahwa rangkaian tes kesehatan ini akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk mengikuti pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan.(wa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *