Prabowo Subianto Dan Gibran Resmi Di Lantik

banner 468x60

BALIKPAPAN – Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden serta Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Prabowo menjadi Presiden Ke-8, sementara Gibran Wapres Ke-14.

Tepat pukul 10.08 WIB, prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden dimulai dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sidang paripurna kemudian dibuka oleh Ketua MPR H Ahmad Muzani.

banner 336x280

Prabowo mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru kemudian diikuti oleh Gibran. Sidang ini diikuti oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres ke-13 RI Ma’ruf Amin.

Prabowo berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah. Jokowi yang berada di samping Prabowo juga ikut berdiri dan menyaksikan prosesi ini. Anggota MPR yang hadir juga turut berdiri menyaksikan proses bersejarah ini.

Acara lantas dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan oleh presiden, wakil presiden dan pimpinan MPR. Kemudian berita acara pelantikan diserahkan oleh pimpinan MPR.

Acara berlanjut dengan pertukaran tempat duduk presiden dari Jokowi ke Prabowo, diikuti pertukaran tempat duduk Ma’ruf Amin dengan Gibran Rakabuming.

Pasangan Prabowo-Gibran dilantik sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 504 tahun 2024. Keduanya berhasil memenangi pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2024 setelah meraih 96.214.691 suara atau 58,59 persen suara sah.

Dalam pidatonya, Presiden Prabowo mengajak masyarakat untuk menjadi bangsa yang berani dan tidak takut menghadapi tantangan, rintangan, maupun ancaman.

“Sejarah kita adalah sejarah yang penuh dengan kepahlawanan dan pengorbanan. Keberanian tidak hanya ada pada para pemimpin, tetapi juga pada rakyat yang menghadapi segala tantangan,” ujar Presiden Prabowo.

Ia juga menegaskan bahwa sumpah yang diucapkannya akan dijalankan dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab dan kekuatan. “Kami akan memimpin Republik Indonesia dengan tulus, mengutamakan kepentingan seluruh bangsa Indonesia,” tambahnya.

Presiden Prabowo menyatakan bahwa dirinya, akan membersihkan korupsi, kolusi dan nepotiame (KKN) yang berada di pemerintahan, baik di tingkat atas maupun di tingkat bawah.

Usai pelantikan tadi, Prabowo-Gibran akan melakukan iring-iringan dari Gedung Parlemen ke Istana Negara, Jakarta Pusat. Prabowo-Gibran akan menyapa warga di sepanjang jalan menuju Istana. (wa)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *