Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Walikota Balikpapan Mengerucut Ke RSKD

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan sampai saat ini belum menentukan rumah sakit mana yang akan menjadi pemeriksaan kesehatan bakal calon pasangan (bapaslon)Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan.

Namun merujuk pernyataan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Farida Asmaunna pihaknya melirik Rumah Sakit dr Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) untuk menjadi tempat pemeriksaan kesehatan paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan.

Farida Asmaunna mengaku fasilitas dan alat kesehatan yang dimiliki oleh RSKD dinilai sudah lengkap dan memadai, sehingga kemungkinan besar RSKD yang bakal dipilih untuk tempat pemeriksaan kesehatan.

Untuk di ketahui, RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo ini merupakan rumah sakit tipe A yang telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas serta peralatan canggih bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan.

RSUD ini memiliki beberapa layanan unggulan, seperti pusat thalasemia, pelayanan kanker terpadu, hingga private aesthetic and laser center. Bukan hanya itu, rumah sakit ini juga memiliki pelayanan rawat jalan eksekutif yang bertajuk one for service, yakni pelayanan oleh dokter spesialis dan konsultan dalam satu fasilitas ruangan.

“Kita belum memilih rumah sakit mana yang akan digunakan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan calon pasangan, tapi dari hasil audensi dan arah kita lebih ke RSKD,” ucap Farida, Rabu (14/8/2024).

Disampaikan Farida bahwa RSKD menjadi tempat favorit bagi KPU di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Termasuk dari Kabupaten Paser Penajam Utara (PPU) hingga Provinsi Kaltim sendiri.

Apalagi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Wahab Sjahranie Kota Samarinda kabarnya mengalami gangguan pada ruang pendinginnya.

“Terkait sarana dan prasarana RSKD sangat siap sekali, baik alat dan ruangannya. Bahkan menjadi rujukan dari kabupaten/kota lain kemungkinan akan ada di RSKD. Selain Balikpapan yang sudah komunikasi, ada juga KPU PPU, Paser, Berau, Kutai Barat. Kemudian kemungkinan, ini ada informasi bahwa RSUD Abdoel Wahab Sjahranie ada ruang pemeriksaan kesehatan mengalami kendala sedikit butuh perbaikan. Seandainya sampai tahap kesehatan masih belum baik, kemungkinan Provinsi Kaltim dan Kota Samarinda juga akan melakukan pemeriksaan di RSKD,” ungkapnya.

Sementara terkait pembiayaannya pemeriksaan kesehatan di RSKD, Sekretaris KPU Balikpapan, Susan Charly Rumate mengatakan sudah masuk dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Pihaknya juga berharap RSKD menjadi pilihan tempat pemeriksaan bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan, selain jarak yang lebih dekat fasilitas kesehatan rumah sakit tersebut juga sudah baik dan memadai untuk melakukan pemeriksaan kesehatan para pasien. (wa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *