Survey Sumber Mata Air Untuk Pertanian

banner 468x60

TAPIN – Komitmen Pemerintah untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan nasional telah termaksud dalam Agenda Pembangunan Nasional tahun 2022-2024. Program ketahanan pangan nasional dilakukan dengan memprioritaskan peningkatan ketersediaan, akses, serta kualitas konsumsi pangan.

Guna mendukung program ketahanan pangan berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Babinsa 1010-03/Tapin Selatan Serka Mariyoto bersama dengan Dinas Pertanian Tapin dan PPL melaksanakan pengecekan Mata air untuk Pompanisasi dan Pipanisasi  di Desa Timbaan, Kecamatan Tapin Selatan, Rabu, (24/04).

banner 336x280

Serka Mariyoto mengatakan pengecekan mata air dilaksanakan untuk mengetahui debit air rencana untuk Pompanisasi dan Pipanisasi yang akan digunakan untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air untuk persawahan maupun yang lainnya.

“Pengecekan sumber mata air yang berada di Desa Timbaan, nantinya akan dialirkan untuk mengatasi kesulitan air di musim kemarau,” Ucapnya.

Adapun lokasi Survey yang akan dilakukan pompanisasi atau pipanisasi meliputi Identifikasi lokasi sumber air seperti, mata air, sungai, irigasi, atau sumur. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui penyediaan air yang cukup untuk mengairi lahan persawahan.

“Dengan tersedianya air, diharapkan petani dapat mengolah sawahnya secara optimal dan menghasilkan panen yang lebih banyak, yang saat ini 2 kali setahun dapat berpotensi ditingkatkan menjadi 3 kali setahun,” Pungkasnya.(1010).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *