Logistik KPU Balikpapan Mulai Berdatangan

banner 468x60

BALIKPAPAN – Sejumlah logistik Pilkada Serentak 2024 mulai tiba dan disimpan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan. Beberapa logistik yang telah masuk diantaranya yakni tinta dan bilik suara.

Logistik tersebut nantinya akan digunakan untuk pemungutan suara di 996 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di enam kecamatan di Balikpapan, Senin (07/10/2024).

banner 336x280

Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono mengatakan progres pengadaan logistik sampai saat ini masih terus berproses.

Bahkan sudah ada beberapa logistik Pilkada telah diterima oleh KPU dan simpan di gudang logistik KPU Balikpapan yang berlokasi di Jalan Alam Baru Somber.

“Kami telah mempersiapkan beberapa item logistik penting untuk Pilkada. Di antaranya tinta, kabel pengikat atau cable ties, segel, serta bilik suara. Bilik suara saat ini sudah berada di gudang Somber,” ungkap Prakoso.

Namun, ia juga menyebutkan bahwa masih ada beberapa item logistik yang sedang dalam proses pencetakan. Di antaranya adalah daftar pasangan calon (DPC), formulir A4, dan formulir Plano. Selain itu, surat suara juga masih dalam tahap pencetakan.

“Surat suara sedang dicetak di Semarang, sedangkan formulir di Samarinda. Kami harap dalam dua minggu ke depan, semua barang tersebut sudah mulai masuk,” jelasnya.

Dia menegaskan bahwa KPU Balikpapan optimistis semua logistik Pilkada bisa disiapkan tepat waktu sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan sukses sesuai yang diharapkan.

“Kami berharap pada minggu pertama November, seluruh logistik sudah lengkap dan siap untuk digunakan,” tambah Prakoso.

Dia menjelaskan selain logistik, KPU juga sedang mempersiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada nanti.

Saat ini kata dia, KPU kota Balikpapan tengah memverifikasi kesiapan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang berjumlah 6.972 orang. Daftar KPPS sudah diterima dan penetapan serta pelantikan mereka dijadwalkan pada 7 November.

“Setelah dilantik, anggota KPPS akan langsung mengikuti pelatihan teknis (Bimtek) untuk mempersiapkan mereka menjalankan tugasnya dengan baik pada hari pemungutan suara,” lanjutnya.

Sementara itu, disinggung terkait honor yang akan diterima setiap KPPS juga juga telah ditetapkan dengan rincian Ketua KPPS akan menerima Rp 900 ribu, sementara anggota KPPS masing-masing menerima Rp 850 ribu.

Persiapan KPU Balikpapan optimis pelaksanaan Pilkada 2024 akan berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan dengan persiapan yang matang seperti ini. (wa)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *