Wisatawan Diminta Jaga Kebersihan Lokasi Wisata

Sekda Kalteng saat memberikan sambutan di acara Hari Konservasi Alam Nasional di Dermaga Kereng Bangkirai, Palangka Raya, Rabu (21/8). (Media Dayak/Yanting).

Palangka Raya, Media Dayak

      Sekretaris Daerah(Sekda)Provinsi Kalimantan Tengah(Kalteng)memberikan imbauan kepada pengelola wisata maupun kepada pengunjung tempat-tempat wisata yang ada di Kalteng untuk menjaga kebersihan lokasi wisata. 

Sebagai salah satu contoh,dalam peringatan hari konservasi alam di Dermaga Kereng Bangkirai kota Palangka Raya agar kelestarian alam yang termasuk dalam kawasan konervasi taman nasional sebangan ini terjaga kebersihannya.

Sekda mengimbau, kepada pelaku usaha wisata yang bergerak di wilayah Dermaga Kereng Bangkirai tersebut agar menyediakan tempat sampah di lokasi atau tempat usahanya bergerak. Misal saja, usaha wisata seperti kapal susur sungai agar menyediakan tempat sampah di dalam kapalnya.

“Hal ini agar pengunjung tidak membuang sampah ke sungai, baik disengaja maupun tidak. Tetapi, yang harus dicegah yakni bagaimana pengunjung tetap menjaga kebersihan area dermaga ini,” katanya saat menghadiri acara Hari Konservasi Alam Nasional di Dermaga Kereng Bangkirai, Rabu (21/8).

Dijelaskannya, kawasan di Dermaga Kereng Bangkirai merupakan kawasan wisata yang harapannya dapat memberikan rasa nyaman. Lantaran, lanjutnya, kawasan dermaga ini berada di taman nasional sebangau yang alamnya sangat lestari.

“Harapannya wisata ini mampu memberikan rasa nyaman dan kelestarian alam tetap terjaga dengan baik,” jelasnya kepada media.

Dengan demikian, tambah Fahrizal, dermaga ini dapat terus berkembang sebagai salah satu destinasi yang berada di daerah Kota Palangka Raya.

Pada hari konservasi alam tersebut, ada beberapa pihak yang turun lapangan melakukan pungut sampah sekitar dermaga, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng mengapresiasi kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan.

“Tentu kami mengapresiasi dan ini merupakan salah satu contoh baik karena membersihkan sampah itu tidak hanya dilakukan oleh pada konservasi saja, melainkan seluruh masyarakat diharapkan mampu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” pungkasnya.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close