Warga Murung Raya Berharap Dukungan Peningkatan Perekonomian

Foto : Sirajul Rahman

Palangka Raya, Media Dayak

Masyarakat Kabupaten Murung Raya berharap adanya dukungan Pemerintah untuk mengembangkan potensi perekonomian di wilayah setempat. Pasalnya, saat ini kebutuhan hidup masyarakat di kabupaten Murung Raya cukup tinggi dan sangat berbanding terbalik dengan pendapatan, terutama bagi masyarakat di kalangan menengah ke bawah.

Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman mengungkapkan, sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Kabupaten Murung Raya adalah berkebun karet dan berladang, namun yang menjadi sumber permasalahan adalah masih minimnya harga karet lokal yang berada dikisaran 3 hingga 7 ribu rupiah perkilogram.

“Berdasarkan informasi yang saya terima saat melaksanakan reses ke Dapil kemarin, untuk harga karet saat ini di Kabupaten Murung Raya, masih berkisar di angka 3 ribu hingga 7 ribu rupiah perkilonya, dan harga tersebut belum mampu menutupi kebutuhan hidup para petani karet,” ucap Sirajul saat dibincangi Mediadayak.co.id di Gedung Dewan, jalan S. Parman, Senin (13/1).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, Barito Utara dan Murung Raya ini juga menjelaskan, kesulitan di bidang perekonomian juga sangat dirasakan oleh para Peladang, dengan adanya larangan membakar lahan tanpa solusi dari pihak Pemerintah.

“Saat ini para peladang dilarang untuk bercocok tanam dengan cara membakar lahan. Hal ini tentu memberikan kesulitan bagi para peladang untuk menyambung hidup, bahkan larangan tersebut dikeluarkan tanpa adanya solusi. Oleh karena itu, masyarakat sangat berharap adanya dukungan dari Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan melalui bidang Perekonomian,” pungkas Sekretaris Komisi I DPRD Kalteng, yang membidangi Hukum dan Pemerintahan ini.(Nvd/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close