Warga Keluhkan Masih Ada Guru ASN di Desa Haragandang Jarang Aktif

MURID SD DESA HARAGANDANG-Murid SDN Desa Haragandang saat bermain di luar halaman sekolah saat jam istirahat.(Media Dayak: Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Tokoh warga masyarakat di Desa Haragandang Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara (Barut) mengeluhkan adanya tenaga pendidik yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) jarang aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik.

Aliansyah tokoh masyarakat Desa Haragandang mengatakan agar hal ini bisa menjadi perhatian Dinas Pendidikan Barito Utara, supaya dapat mengawasi para ASN, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik.

“Ada oknum guru yang berstatus ASN jarang berada di tempat tugas. Dalam satu bulan hanya empat hari oknum guru tersebut bisa hadir di sekolah,” kata Aliansyah, kepada awak media, kemarin.

Dikatakannya, jumlah ASN guru lima orang dan satu tenaga honorer. ASN guru datang ke tempat tugas empat hari dalam sebulan, sehingga kegiatan belajar mengajar lebih banyak dilakukan oleh tenaga honorer, karena kebetulan yang bersangkutan asli penduduk Desa Haragandang.

“Kami generasi tua jauh tertinggal dalam hal pendidikan. Kami harapkan masa depan anak-anak kami lebih baik. Kalau seperti ini keadaannya, kasihan nasib anak-anak kami. Bagaimana untuk memajukan pendidikan di daerah ini,” kata Aliansyah.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengatakan ketidakhadiran tenaga pendidik di sekolah tersebut disebabkan akses transportasi ke Desa Haragandang. Karena keterbatasan sarana, meski di tempat tugas sudah disediakan rumah dinas guru, namun kondisinya tidak lagi prima dan tidak layak dihuni.

Ia sangat merespon positif adanya laporan dari masyarakat Desa Haragandang terkait kinerja guru di wilayah mereka. “nanti akan kita tindaklanjuti dalam waktu segera. Terima kasih atas informasinya,” ujar Syahmil.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close