Warga Desa Pandran Permai Ikuti Pelatihan Menjahit

LATIHAN MENJAHIT-Para ibu-ibu di Desa Pandran Permai Kecamatan Teweh Selatan, sangat antusias saat mengikuti pelatihan menjahit, yang diadakan oleh Pemdes Pandrai Permai, Selasa (24/9) di balai desa setempat.(Media Dayak/ist)

Muara Teweh, Media Dayak

                Warga Desa Pandrai Permai, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti pelatihan menjahit. Pelatihan menjahit ini dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Pelatihan ini juga diikuti sekitar 30 peserta dari desa setempat dan dilaksanakan semalam tiga hari.

Kegiatan pelatihan menjahit ini dibuka oleh Kepala Desa Pandrai Permai Roni Faslah, Selasa (24/9) di balai desa setempat. Menurutnya, menjahit merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki para ibu-ibu rumah tangga.

“Selain bermanfaat pada diri sendiri keterampilan menjahit ini juga bisa menambah penghasilan keluarga dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” kata Kades Pandran Permai Roni Faslah.

                Dikatakannya melalui keterampilan menjahit ini juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan serta menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas. Dan pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor industri kecil dan mengurangi angka pengangguran serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat itu sendiri.

                “Hal ini tentunya akan menjadi kegiatan untuk menambah ilmu dan wawasan, sehingga apa yang didapatkan hari ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan ekonomi keluarganya,” Kades Roni.

                Ia juga menjelaskan, hal ini juga merupakan bagian dari tanggungjawab pemerintah desa dalam memberikan kecakapan hidup (life skill) bagi masyarakat Desa Pandrai Permai khususnya bagi para ibu-ibu rumah tangga yang nota base hanya menjadi penjaga rumah saja.

                Selain itu, pelatihan menjahit ini ingin merubah minset bahwa ibu rumah tangga juga akan mampu menopang perekonomian keluarga, makanya ini yang menjadi semangat kami Pemdes Pandran Permai memberikan pelatihan pemberdayaan ini.

                Lebih lanjut Kades Pandran Permai mengatakan, bukan hanya diberikan pemahaman dan pengetahuan akan tetapi harus ada keberlanjutan untuk terus mengembangkan keterampilannya.

“Kami Pemdes Pandrai Permai berkomitmen untuk memberikan wadah yang baik sehingga tidak ada kesan bahwa hanya di latih saja tapi tidak ada keberlanjutan. Ini yang kami usahakan agar mereka bisa menjadi pengusaha jahit yang profesional,” pungkasnya.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close