Warga Desa Haragandang Sudah Nikmati Air Bersih

Warga Desa Haragandang Sudah Nikmati Air Bersih. (Foto/Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Desa Haragandang Kecamatan Lehei Kabupaten Barito Utara (Barut) merupakan desa yang paling ujung di Kecamatan Lahei dan berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Desa Haragandang merupakan desa yang berada paling ujung Sungai Lahei yang juga merupakan desa binaan PT Ophir Indonesia (Bangkanai) anak Medco Energy Company. Sebelum adanya perusahaan masuk di desa ini, warga masyarakat Desa Haragandang sangat kesulitan dengan sarana air bersih.  

Dengan adanya perusahaan yang masuk di daerah tersebut seperti PT Ophir Indonesia (Bangkanai) anak Medco Energy Company (MEC) membuat desa yang berada di sekitar perusahaan merasa lega. Dan dengan adanya program CSR (Corporate Social Responsibility) dari salah satu perusahaan yaitu PT Ophir anak Medco Energy Company Pemdes Haragandang dapat bernapas lega dengan telah dialirinya air bersih kerumah-rumah penduduk menggunakan sarana sumur bor yang menggunakan bak penampungan air.

Kepala Desa (Kades) Haragandang, Herdana, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada terhingga kepada PT Ophir Indonesia (Bangkanai) anak Medco Energy Company yang telah membangun sarana dan prasarana air bersih bagi masyarakat desa setempat.

 “Sambungan yang terpasang sesuai dengan jumlah rumah yang ada di desa ini, yakni 156 sambungan, dan pada umumnya yang menikmati sarana air bersih ini seluruh masyarakat Desa Haragandang tanpa ada kekurangan pasokan air,”kata Herdana, Kamis (6/2) kemarin.

Selain itu, dalam mengoperasionalkan air bersih ini, Pemdes Haragandang melakukan pungutan kepada masyarakat dengan diadakannya komite air. “Untuk bulan Januari 2020 komite air membebankan pembayaran sebesar Rp2.500/m³ pada setiap pemakaian air yang tertera pada keteran air yang terpasang,”ucapnya.

Dikatakannya, pemungutan biaya yang dilakukan oleh pengurus komite air diperuntukan untuk keperluan operasional pembelian BBM dan untuk insentif pengurus langsung dari APBDes Haragandang tiap tahunya.

“Dan untuk penagihan tiap bulan akan dilakukan oleh pengurus komite air yang terjun langsung kerumah-rumah warga,”katanya. Dia menambahkan, sarana air bersih ini sudah layak untuk digunakan untuk keperluan cuci, mandi dan sebagainya serta untuk konsumsi harus dimasak terlebih dahulu. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close