Waket I DPRD Hadiri Puncak HPN di Kalsel

HADIRI HPN – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Utara, Permana Setiawan (tengah baju batik) saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional bersama pengurus PWI Barito Utara di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2) kemarin.(Media Dayak : ist)

Banjarmasin, Media Dayak

Wakil Ketua (Waket) I DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut), Permana Setiawan, menghadiri perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (8/2).

Kehadiran Waket I itu mewakili Ketua DPRD Barito Utara yang tidak dapat hadir pada kegiatan tersebut. Waket I DPRD didampingi pengurus PWI Kabupaten Barito Utara, yakni Ketua Herman, Sekretaris M Nasution dan Bendahara Kasriadi.

Wakil Ketua I DPRD, Permana Setiawan mengatakan, kehadirannya menghadiri HPN 2020 di Banjarbaru Kalsel merupakan bentuk apresiasi terhadap pengurus PWI yang telah mengundang pada acara tersebut, termasuk di Kabupaten Barito Utara yang telah banyak berkontribusi dalam mengawal proses pembangunan serta dapat menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Saya selaku wakil rakyat yang pada hari ini telah ditunjuk oleh Ketua DPRD Hj Merry Rukaini untuk mewakili menghadiri HPN tahun 2020. Hal ini tentunya merupakan momen pertama bagi saya, baik sebagai anggota DPRD maupun unsur pimpinan dewan,” ungkapnya.

Untuk kehadiran pada puncak Hari Pers Nasional ini tentu ada maknanya serta bagaimana menghargai insan pers. Salah satunya seperti yang pernah dialami oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi yang mengaku kapok lantaran tidak dapat hadir Hari Pers Nasional.

Ia mengaku pers dibawah naungan PWI Barito Utara telah menjadi mitra yang baik selama ini dalam mengawal kinerja DPRD Barito Utara dalam setiap pelayanan kepada masyarakat baik di saat reses maupun pada rapat kerja dewan dan lain-lain.

Menurutnya, keberadaan insan pers ini sangat dibutuhkan sebagai perpanjangan tangan dalam menyuarakan apa telah dilakukan baik oleh pemerintah daerah (eksekutif) maupun DPRD (legislatif).

“Saya baik secara pribadi maupun unsur pimpinan DPRD Kabupaten Barito Utara mengucapkan selamat hari pers nasional tahun 2020, wartawan adalah sebagai salah satu unsur terpenting pers, dituntut untuk bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, terutama ketika membuat berita dan menyiarkannya kepada publik,” kata Waket I DPRD.

Sebagai salah satu subjek penting dalam dunia pers, wartawan mempunyai dua fungsi yaitu pertama sebagai seorang profesional. Dalam fungsi ini, seorang wartawan berkewajiban menyampaikan berita kepada publik agar masyarakat well inform.

Kedua sebagai seorang politisi. Dalam menjalankan fungsinya sebagai politisi, seorang wartawan diharapkan mampu menciptakan perlawanan rakyat terhadap terjadinya ketidakadilan sosial.

Dunia pers identik dengan media massa (surat kabar, majalah, televisi dan radio) serta media online (website). Wartawan zaman now, dinilai sebagai profesi. Namun Insan Pers adalah Sahabat Terdekat semua kalangan. Karena mereka selalu ada di saat suka maupun duka. Semoga pers di daerah ini semakin jaya dan profesional serta kendala yang dihadapi PWI Barito Utara pada tahun mendatang dapat diatasi dan menjadi PR bersama,” pungkasnya.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close