Waket DPRD: DD/ADD Harus Tepat Sasaran

Punding S Merang

Kuala Kurun, Media Dayak

   Wakil Ketua (Waket) DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Punding S Merang mengharapkan penggunaaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Gumas tepat sasaran.

“Kepala desa (Kades) dan jajarannya memiliki tanggung jawab yang besar terhadap DD/ADD. Penggunaannya harus benar-benar untuk kemajuan desa dan kemaslahatan warga desa,” tegas Punding, Rabu (10/7).

Politikus Partai Golkar yang terpilih kembali menjadi anggota DPRD Gumas periode 2019-2024 itu mengingatkan Kades tidak terjebak pada keinginan pribadi ataupun kelompok sehingga menyalahgunakan penggunaan DD/ADD untuk moral hazard pribadi dan kelompok.

“Sudah ada beberapa kepala desa di daerah ini yang masuk penjara lantaran menyalahgunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa. Hal itu harus jadi pelajaran bagi kepala desa lainnya. Jangan lakukan hal yang sama yang akhirnya harus berurusan dengan hukum. Lakukan saja pekerjaan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,” serunya.

Punding melanjutkan, masyarakat Gumas perlu tahu apa itu manfaat Dana Desa. Manfaat Dana Desa dengan landasan hukumnya UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa adalah untuk meningkatkan pelayanan publik desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

“Dalam penggunaannya harus melibatkan partisipasi masyarakat desa, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Dan dalam kegiatan pembangunan fisik di desa, kepala desa harus menerapkan pola padat karya tunai atau melibatkan warga desa dalam pelaksanaan pekerjaannya. Tidak boleh kepala desa  mengesampingkan keterlibatan warganya,” tutur Punding.

Punding tekankan beberapa penggunaan dari Dana Desa, seperti peningkatan produk unggulan desa, pembuatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pembuatan sarana olahraga desa, pembuatan ataupun peningkatan jalan desa dan kegiatan lainnya yang memajukan desa dan meningkatkan perekonomian warga desa.

“Apa yang saya sebutkan sebelumnya (pembuatan BUMDes, sarana olahraga desa, pembuatan ataupun peningkatan jalan desa dan kegiatan lainnya yang memajukan desa dan meningkatkan perekonomian warga desa), yang sudah dilaksanakan kepala desa saya apresiasi, tetapi yang belum saya minta dilaksanakan,” tegasnya menutup.(Nov).

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close