Wagub Yakin Kalteng Jadi Ibu Kota Negara

Wagub Kalteng Habib Ismail bin Yahya menjadi inspektur upacara di peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di lapangan olahraga Sanaman Mantikei, Sabtu (17/8) (Humas Prov)

Palangka Raya,Media Dayak

     Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya menyampaikan keyakinannya Kalteng akan terpilih menjadi ibu kota negara.

Keyakinan tersebut berdasarkan pidato Kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, terkait pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan, di depan Anggota DPR RI, DPD RI serta tamu yang hadir di gedung Nusantara MPR RI/DPD RI, 16 Agustus 2019 lalu.

“Saya pribadi punya keyakinan bahwasannya Kalteng akan menjadi ibu,” tegas orang nomor dua di bumi Tambun Bungai ini, Sabtu (17/8).

Pasalnya menurut Wagub jika ditinjau dari sejarah, Kalteng adalah tempat dimana diamanatkan sebagai tempat ibu kota negara oleh pendiri bangsa ini, yaitu Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. 

“Kita ini kan tau Presiden RI kita yang sekarang adalah fungsionaris dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang kita tau juga bahwasanya partai PDIP ini sangat Soekarnuisme,dan sementara Kalteng sudah puluhan tahun lalu dicanangkan oleh Soekarno untuk menjadi ibu kota,” beber Habib Ismail usai mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Olahraga Sanaman Mantikei.

Menurut Wagub hal tersebut adalah salah satu pertimbangan dan alasan Kalteng terpilih menjadi ibu kota negara yang baru, selain berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Kalteng.

Lebih lanjut Wagub menyebut, Kalteng jauh dari perbatasan dengan negara lain, serta memiliki lahan yang sangat luas dan memadai. “Satu hal lagi bahwasanya Kalteng memiliki falsafah ‘Huma Betang’ yang tentunya akan siap menerima perpindahan atau menerima kepindahan ibukota pemerintahan ke Kalteng,” pungkas Wagub.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close