Wabup Kunjungi Puskesmas Mendawai

Wabup Katingan Sunardi NT Litang foto bersama setelah menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan Mendawaidi desa Mendawai, Rabu (12/02/2020).(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang mengunjungi Puskesmas Mendawai di desa Mendawai kecamatan Mendawai, Rabu (12/02/2020). Kunjungan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Mendawai.

Setelah melihat keadaannya, Wabup menilai, Puskesmas Mendawai masih ada beberapa sarana dan prasarana yang dibutuhkan, termasuk juga tenaga kesehatannya. “Diantaranya perlunya penambahan ruangan rawat inap, ruangan tindakan untuk pasien umum dan ruangan bersalin,” sebut Wabup.

Puskesmas Mendawai yang sudah memperoleh akreditas madya, katanya, harus ditambah lagi ruangan Rawat Inap, dan tidak cukup kalau mengandalkan 1 ruangan saja. Begitu pula dengan tindakan untuk pasien Unum dan ruangan bersalin.

“Dengan adanya penambahan ruangan rawat inap nantinya, Insya Allah dapat memenuhi keinginan masyarakat setempat, jika ada yang sakit dan harus dirawat inap di Puskesmas, sehingga pasien dapat lebih terawat dengan baik,” jelas orang nomor dua di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan di Puskesmas, Sunardi NT Litang menyebut tenaga analis dan dokter gigi. “Dua tenaga kesehatan tersebut sering dibutuhkan oleh ribuan masyarakat di kecamatan Mendawai ini,” akunya.

Tenaga kesehatan juga masih diperlukan pada Puskesmas Pembantu (Pustu) di kecamatan Mendawai. Seperti Pustu di desa Kampung Melayu dan desa Perigi.

Pustu di desa Kampung Melayu, tenaga kesehatannya sudah meninggal dunia, namun sampai sekarang belum ada penggantinya. Sedangkan tenaga kesehatan di desa Perigi, sampai sekarang tidak menggunakan tenaga yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), tapi hanya menggunakan Tenaga Kesehatan Sukarela (TKS).

“Mudah-mudahan, dari puluhan tenaga kesehatan yang berhasil lulus tes CPNS 2019 yang dilaksanakan minggu kemarin, sebagian bisa ditempatkan di dua Pustu itu,” harapnya. (Kas/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close