Wabup Ingatkan OPD Buat Program Dengan Perencanaan Yang Baik

Wabup, Efrensia LP Umbing bersama Kapolres Gumas, AKBP Yudi Yuliadin. (Foto Media Dayak/Istimewa).

Kuala Kurun, Media Dayak

Wakil Bupati (Wabup) Gunung Mas (Gumas), Efrensia LP Umbing mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar selama kepemimpinan Bupati Jaya Samaya Monong dan dirinya, tidak takut membuat program kegiatan pembangunan.

“Teman-teman OPD, buatlah program kegiatan pembangunan yang terukur, dengan perencanaan yang baik,” kata Efrens dalam arahannya kala membuka Forum Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Gumas tahun 2019 – 2024 baru-baru ini di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Gumas.

“Program kegiatan pembangunan dengan perencanaan yang baik,sebagai syarat untuk memperoleh dukungan dana dari APBN dan APBD Provinsi. Kita tidak bisa mengandalkan APBD saja, kita membutuhkan dukungan anggaran dari Pusat dan Provinsi,” sambung Efrens.

Menurut dia,perencanaan yang baik sangat diperlukan untuk sektor pembangunan yang memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Gumas. Seperti sektor pertanian dalam arti luas yang mencakup budidaya tanaman pangan, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

“Tidak hanya pertanian dalam arti luas,pertanian dalam arti sempit pun butuh perencanaan yang baik.Seperti jagung,kacang-kacangan dan tanaman holtikultura.Tanaman holtikultura itu seperti tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman obat-obatan dan tanaman hias. Hidup kita pun butuh perencanaan,” jelas Efrens.

Lanjut Efrens, program kegiatan pembangunan lainnya yang perlu perencanaan yang baik, seperti sektor pendidikan dan kebudayaan, kesehatan, pariwisata, infrastruktur, sarana prasarana olah raga dan sektor lainnya.

“Saya yakin, apabila perencanaan kegiatan pembangunan dari teman-teman OPD baik, pusat dan provinsi akan memberikan dukungan anggaran. Kita (Gumas) butuh anggaran pembangunan dari mereka (pusat dan provinsi) supaya apa yang kita harapkan, yakni Gunung Mas yang meningkat kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya dapat terwujud,” ujar mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng tersebut.  (Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close