Usulan Prioritas Pemdes Bintang Ninggi II 2020

KANTOR DESA BTN II-Kantor Desa Bintang Ninggi II, Kecamatan Teweh Selatan.(Media Dayak/ist)

Muara Teweh, Media Dayak

     Pemerintah Desa (Pemdes) Bintang Ninggi (BTN) II, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut) pada tahun anggaran 2020, akan membangun usulan prioritas yang dibiayai oleh APBD Kabupaten, Provinsi dan APBN.

Kepala Desa Bintang Ninggi II, Ardianto, Rabu (19/2) di kantor desa setempat mengatakan tahun 2020 ini Pemdes akan membangun usulan prioritas yang dibiayai oleh APBD Kabupaten, Provinsi dan APBN. “Ada beberapa bidang dan program kegiatan yang akan kita laksanakan pada tahun anggaran 2020 ini,” kata Ardianto.

Adapun bidang (program) yang dilaksanakan pada tahun ini yaitu bidang penyelenggaraan pemerintahan desa. “Bidang ini termasuk untuk kegiatan belanja siltap, operasional, tunjangan dan operasional Pemdes, penyediaan siltap dan tunjangan kepala desa, tunjangan staf perangkat desa dan lainnya,” kata Kades Bintang Ninggi II.

Kemudian kata Ardianto untuk bidang pelaksanaan pembangunan desa meliputi bidang pendidikan, diantaranya penyelenggaraan PAUD, peningkatan sarana dan prasarana taman baca masyarakat, pengelolaan perpustakaan milik desa dan lainnya.

Dibidang kesehatan, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan Posyandu balita dan BKB, posyandu lansia dan BKL, posbindu, bumil dan bina keluarga remaja (BKR), pengadaan sarana dan prasarana posyandu meliputi pengadaan peralatan kesehatan.

Dibidang pekerjaan umum dan penataan ruang, Pemdes Bintang Ninggi II akan membangun peningkatan jalan desa, peningkatan jalan lingkungan, pembuatan embung desa, pembuatan (rehabilitasi) monumen/gapura atau tata batas desa.

Selanjutnya kata Ardianto, untuk bidang kawasan pemukiman, akan dilakukan pemeliharaan sambungan air bersih ke rumah warga, pemeliharaan fasilitas pengelola sampah desa, pembangunan sumur resapan, pembangunan sumber air bersih milik desa, pembangunan dan peningkatan fasilitas petugas sampah, pembangunan sistem pembuangan air limbah dan pembangunan raman milik desa.

Sementara untuk bidang pembinaan kemasyarakatan, Pemdes juga akan melaksanakan kegiatan penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan/ketertiban oleh Pemdes. Pembangunan/rehabilitasi sarana dan prasarana kebudayaan/rumah adat/keagamaan milik desa dan pengadaan perlengkapan kelompok yasinan serta bantuan operasional untuk ustadz dan ustazah.

“Untuk bidang kepemudaan dan olahraga, Pemdess Bintang Ninggi II akan membangun/rehabilitasi peningkatan sarana dan prasarana kemudaaan dan olaraga. Dan melaksanakan pembinaan lembaga adat, pembinaan LPMD, pembinaan karang taruna dan pembinaan PKK desa,” kata Kades Ardianto.

Lebih lanjut Ardianto mengatakan pada tahun ini juga dilaksanakan kegiatan dibidang pemberdayaan masyarakat yang meliputi bidang kelautan dan perikanan, bidang pertanian dan peternakan. Kemudian bidang peningkatan aparatur desa dan peningkatan pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga, serta bidang penanggulangan bencana darurat dan mendesak desa.

“Semua program kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa Bintang Ninggi tahun anggaran 2020 ini yang di biayai oleh APBD Kabupen, APBD Provinsi dan APBN. Dan kami dari Pemdes Bintang Ninggi II mengharapkan dukungan semua pihak dalam melaksanakan pembangunan di desa setempat,” pungkasnya.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close