Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan Informasi Media Sosial, PWI Kalteng Gelar Seminal Nasional

Kegiatan Seminar Umum Mengelola Informasi Medsos oleh PWI Kalteng. (Media Dayak/Novan)

Palangka Raya, Media Dayak

      Media Sosial (Medsos) merupakan salah satu sarana penyedia informasi secara Global, dengan menggunakan sistem berbasis teknologi daring dan saat ini, Medsos telah diakses hampir 80 persen masyarakat diberbagai belahan dunia. Namun tidak dapat dipungkiri, dalam sebaran informasi yang terdapat dalam Medsos, tidak keseluruhan benar, atau biasa di sebut sebagai berita Hoax.

Oleh karena itu, sebagai upaya dalam menekan angka penyebaran berita Hoax serta mengajak masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan Seminar Umum ‘Mengelola Informasi Media Sosial’, di Ballroom Hotel Luwansa, jalan G.Obos, Kota Palangka Raya, Sabtu (22/6).

Dalam sambutannya, ketua PWi Kalteng, H. Achmad Sutransyah mengatakan, dalam literasi perkembangan teknologi yang begitu pesat, saat ini masyarakat cenderung menggunakan medsos dikarenakan kemudahan akses pencarian maupun penyebaran informasi, hanya dengan bermodalkan Gadget berbasis Android. Namun hal tersebut tidak diiringi dengan pemahaman yang memadai, sehingga tidak sedikit masyarakat yang tersandung kasus hukum karena minimnya pemahaman untuk bijak dalam menggunakan medsos.

“Dengan menggunakan medsos, masyarakat bisa mendapatkan atau memberikan informasi secara cepat, namun dilihat dari aspek pengelolaannya saat ini masih belum memadai, sehingga banyak yang tersandung kasus hukum karena kurang bijak bermedia sosial.”Ucap Sutransyah.

Dirinya juga mengungkapkan, kasus hukum yang kerap menimpa masyarakat adalah penyebaran berita Hoax (palsu), mengandung ujaran kebencian, sara dan provokatif. Hal inilah yang mendorong PWI Kalteng untuk menggelar kegiatan Seminar Umum Mengelola Informasi Media Sosial, agar masyarakat awam maupun Insan Pers mampu mengelola Medsos secara bijak

“Inilah salah satu tujuan PWI Kalteng menggelar Seminar Umum ini, dengan harapan kedepannya masyarakat awam bahkan Insan Pers mampu mengelola medsos secara bijak dan angka kasus hukum yang menimpa masyarakat karena kurangnya pemahaman bermedsos, dapat ditekan seminimal mungkin.”Pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang berlangsung selama 1 hari ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. Fahrizal Fitri, Narasumber ahli sekaligus wakil Sekretaris Jendral (Sekjen) PWI Pusat, Suprapto, perwakilan PWI Kabupaten/Kota, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Palangka Raya, Penerangan Komando Resort Militer (Penrem) 102/PJG, Humas Polda Kalteng dan Insan Pers dari Media Cetak, Elektronik dan Daring Se-Kalteng.(Nvd)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close