Tabrak Truck Tangki, Tewas di Tempat

Korban Puryanto saat di evakuasi untuk divisum ke RSUD Mas Amsyar – Kasongan

Kasongan, Media Dayak

Lantaran menabrak truck tangki yang sedang parkir, Puryanto bin Panut (50) bertempat tinggal di dusun Pulau Bendu RT 001 Rw 001 desa Hilir Tengah, kecamatan Ngabang, kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar) pengemudi pickup Daihatshu Gran max dengan TKNB – KB 8160 LB warna putih tewas di daerah Bukit Batu, jalan Tjilik Riwut KM 16 kecamatan Katingan Hilir, kabupaten Katingan, Rabu (6/11) siang, sekitar pukul 12.00 wib.

Kapolres Katingan, AKBP Elisier Dharma Bahagia Ginting melalui Kasat Lantas AKP Waryono menyebutkan, korban Puryanto tewas di tempat kejadian setelah menabrak truck tangki Izusu warna kuning dengan TKNB – KH 8819 AP yang dikemudikan Dismasius Soko bin Saifulah (31) yang sedang parkir di daerah Bukit Batu Jl Tjilik Riwut KM 16 kecamatan Katingan Hilir tersebut.

“Korban saat diperiksa mengalami luka robek pada kepala belakang, dagu, patah tulang bagian dada sebelah kiri, memar di bagian punggung, lecet tangan sebelah kanan dan kiri dan luka robek di bagian kaki sebelah kanan,” sebutnya.

Adapun kronologis kejadiannya menurut Waryono, pada hari Kamis (6/11) sekitar pukul 12.00 wib, Mobil Pickup Daihatzhu Gran max warna  putih dengan TNKB – KB 8160 LB bermuatan buah mangga yang dikemudikan Puryanto ini melaju dari arah Kota Palangka Raya menuju kota Kasongan ibukota kabupaten Katingan.

Diduga, lantaran kondisi badan Puryanto ini terlalu lelah akibat perjalanan cukup jauh dari kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), ditambah lagi di ruas jalan Tjilik Riwut KM 16 – Kasongan yang dilaluinya itu bergelombang, seketika itu pula pengemudi ini mengalami out off control. Sehingga mobil yang dikemudikannya oleng ke kanan jalan dan menabrak 1 unit truck tangki Izusu warna kuning Dungan TNBK – KH 8819 AP yang berhenti atau sedang parkir di bahu jalan sebelah kanan arah kota Palangka Raya menuju kota Kasongan yang di dalamnya terdapat Dismasius Soko sedang tidur.

“Akibat kecelakaan tersebut, Puryanto mengalami Banyak luka di badannya, dengan posisi terjepit di dalam kabin, yang akhirnya meninggal dunia di tempat kejadian. Sedangkan penumpangnya Ya’Hermandyah bin Basuni (51) mengalami luka-luka namun sempat dibawa dan diambil tindakan medis oleh petugas medis RSUD Mas  Amsyar – Kasongan,” jelasnya.

Selanjutnya, dia juga menambahkan tentang faktor penyebab utama kecelakaan tersebut, Puryanto (korban) saat melaju dari arah kota Palangka Raya menuju kota Kasongan, selain lantaran capek dan kurang berhati-hati dalam, juga kurangnya konsentrasi dalam menjalankan kendaraan yang dikemudikannya. Sehingga, out off control mobil pickupnya oleng ke kanan jalan, yang selanjutnya masuk ke bahu jalan dengan arah berlawanan. Kemudian menabrak kendaraan lain yang sedang berhenti dan parkir di pinggir jalan tersebut. Akhirnya kecelakaan tersebut tidak bisa dihindari lagi.

Sementara, tindakan yang dilakukan oleh patugas di lapangan, selain mendatangi ke TKP, dan mengevakuasi korban untuk dilakukan visum ke RSUD Mas Amsyar  menurutnya, juga mengamankan sopir truck yang sedang parkir di bahu jalan itu.

“Kemudian, mencatat beberapa orang saksi serta melaporkan kepada pimpinan atas kejadian tersebut,” jelasnya. (Kas) 

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close