Sistem Perpustakaan Digital di Barut menjadi perhatian DPRD HSU

KUNKER DPRD HSU-Anggota DPRD dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) saat melakukan kenjungan kerja (kunker) di Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Barito Utara, Jumat (14/2).(Media Dayak /diskominfosandi barut)

Muara Teweh, Media Dayak

     Dalam rangka pengembangan kearsipan dan perpustakaan serta sinkronisasi program dan kegiatan tahun 2020, DPRD dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Utara (Barut), Jumat (14/2).

Dalam kunjungan kerja ini diikuti 25 orang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Mawardi, dan didampingi anggota serta pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Hulu Sungai Utara.

Mawardi mengatakan tujuan kunker ini adalah untuk menambah wawasan mengenai mekanisme sistem pengarsipan dan mekanisme lain dalam menunjang berkembangnya minat pembaca.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir Edy Nugroho mengatakan sangat mengapresiasi kunjungan yang dilaksanakan DPRD dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) saat ini.

Pada saat itu Edy Nugroho memaparkan mengenai sistem pengelolaan kearsipan dan perpustakaan yang telah memasuki era perpustakaan digital. “Sesuai dengan data kunjungan ke perpustakaan baik pelajar maupun umum semakin hari semakin meningkat, hal ini perlu didorong terus melalui sosialisasi, pengadaan buku- buku baru dan pelayanan yang optimal,” katanya.

Selain itu Dinas Perpustakaan juga melakukan pelatihan komputer, menjahit dan memasak. Menurut Edi Nugroho untuk peningkatan minat baca maka diperlukan kerjasama lintas sektoral agar perpustakaan menjadi salah satu media pembelajaran.

Edy Nugroho mengatakan usaha kita bersama yang perlu dilakukan dimulai dari pembelajaran anak usia dini. Untuk mewujudkan Barito Utara Smart City yang madani yang terdiri dari beberapa pilar diantaranya adalah smart people.

“Smart People tidak hanya di mulai dari pembelajaran yang ada di sekolah namun perpustakaan juga mempunyai peran yang vital. Hal ini berkembangnya dunia gadget telah mempermudah siswa mendapatkan informasi di internet,dengan demikian masyarakat akan lebih mudah untuk membaca dengan menggunakan smartphone dimanapun dan kapanpun,” katanya.

Ditempat terpisah Bupati H Nadalsyah mendukung program dan kegiatan yang telah di laksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara. Dimana menggandeng pihak sekolah dan desa-desa untuk mengembangkan perpustakaan terpadu dan berkelanjutan.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close