SILPA Kalteng Masih Tinggi

Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Media Dayak

Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri mengungkapkan dari hasil monitoring dan evaluasi realisasi anggaran provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng per 31 Desember 2019 tercatat Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) 2019 sebesar Rp178,64 miliar. 

“Sedangkan realisasi anggaran mencapai Rp5,09 triliun dari pagu anggaran Rp5,65 triliun, dalam persentasi raliasi keuangan berada di 90,12 persen dan realisasi fisik 96,48 persen,” jelasnya, Kamis (16/01).

Fahrizal menyebutkan, Perangkat Daerah dengan realiasi penyerapan anggaran tertinggi yakni Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan (Kesra), Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Sedangkan tiga PD penyerapan anggaran terendah yakni Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBD), Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei dan Dinas Kehutanan (Dishut),” bebernya.

Pihaknya juga menyebut, untuk realisasi serapan anggaran di kabupaten/kota mencapai Rp16,42 triliun dari total pagu anggaran Rp18,08 triliun atau sebesar 90,84 persen dan realisasi fisik 94,24 pesen. 

Fahrizal juga mengungkapkan, kabupaten dengan serapan anggran tertinggi yakni Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Pulang Pisau (Pulpis) dan Kabupaten Murung Raya (Mura).

“Sementara itu, belanja APBD terendah yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Timur (Bartim) dan Kabupaten Barito Utara (Batara),” tegasnya.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close