Separuh Peserta SKD CPNS Lewati Nilai Ambang Batas

Puluhan peserta mengikuti SKD penerimaan CPNS di lingkup Pemerintah Provinsi, yang dilaksanakan di lingkungan Kantor BKD Kalteng. (Media Dayak/Humas Pemprov)

Palangka Raya, Media Dayak

Seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng sudah berjalan empat hari. Selama tiga hari pelaksanaan, peserta yang mampu melewati ambang batas SKD mencapai separuh dari jumlah peserta.

Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Kalteng Katma F Dirun melalui Kepala Bidang Pengembangan Suhufi Ibrahim mengatakan, jumlah peserta yang terjadwal mengikuti tes selama tiga hari sebanyak 1.500 peserta. Tetapi, dari total terjadwal itu sebanyak 57 peserta tidak hadir tanpa keterangan.

“Dari total peserta yang seharusnya mengikuti tes yang hadir sebanyak 1.443 dari 1.500 peserta terjadwal. Dari total ini, sebanyak 731 peserta mampu memenuhi bahkan melewati passing grade yang ditentukan,” bebernya kepada media, Rabu (05/02/2020).

Sehingga, lanjut Suhufi Ibrahim, jika dihitung bisa dikatakan separuh dari peserta melewati ambang batas.

Pihaknya mengungkapkan, rincian dari total pada hari pertama sebanyak 254 peserta yang melewati ambang batas. Hari kedua 235 peserta dan hari ketiga 242 peserta berhasil melewati ambang batas.

“Saya melihat memang dari aura peserta setelah mengikuti tes banyak yang menyiratkan kebahagiaan, sehingga bisa dikatakan peserta SKD tahun ini banyak yang lolos,” jelasnya.

Menurutnya, hingga hari ketiga kemarin terdapat salah satu peserta dengan nilai tertinggi hingga 431 atas nama Muhammad Erza Bahriani. Peserta ini mengikuti tes pada sesi pertama di hari pertama.

“Peserta dengan nilai tertinggi ini putra daerah, meski banyak peserta yang mampu peroleh nilai di atas 400, tetapi satu peserta ini dengan nilai paling tinggi,” ucapnya.

Ditambahkannya, standar nilai passing grade apabila dapat terpenuhi secara keseluruhan mulai dari TWK, TIU dan TKP yakni 276.

“Jika melihat standar itu, maka peserta dengan nilai tertinggi ini dapat menjawab pertanyaan hingga 90 persen bahkan lebih,” pungkasnya.(Yanting/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close