Sekda Ungkap Realisasi Keuangan & Fisik Triwulan III Belum Mencapai Target!

Sekda Yansiterson membuka Rakordal program pembangunan Gumas di aula BP3D.(Foto Media Dayak/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun, Media Dayak

Membuka rapat koordinasi pengendalian (Rakordal) program pembangunan daerah kabupaten Gunung Mas (Gumas) triwulan III di aula BP3D Kamis(21/11), Sekretaris Daerah (Sekda) Yansiterson membacakan teks sambutan Bupati Jaya S Monong mengungkapkan realisasi keuangan dan fisik triwulan III belum mencapai target.

“Laporan data perangkat daerah yang masuk per 31 Oktober 2019, realisasi keuangan 65,81 persen, realisasi fisik 69,46 persen. Ini (capaian) belum mencapai target triwulan III, yaitu realisasi keuangan 75 persen dan fisik 85 persen,” kata Yans.

Yans nilai capaian realisasi keuangan 65,81 persen dan realisasi fisik 69,46 persen menandakan perhatian perangkat daerah terhadap kewajiban untuk mencapai target yang telah ditentukan masih kurang.

“Semua perangkat daerah harus melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan rencana penganggaran, baik dari triwulan I sampai dengan triwulan IV di dalam DPA SKPD nya masing-masing,” tegasnya.

“Perlu sinergi satu sama lain dalam upaya meningkatkan kinerja pemerintah sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing,” tandas Yans.

Dia pun minta perhatian kusus dari semua peserta rapat,terutama seluruh kepala perangkat daerah beserta PPTK terhadap capaian yang ada. Suatu kewajiban bagi kepala perangkat daerah beserta jajarannya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang melekat pada jabatab dalam organisasi.

“Tujuan pelaksanaan Rakoldal ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana realisasi pendapatan dan capaian pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan triwulan III tahun 2019, baik realisasi keuangan maupun fisik pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2019 yang bersumber dari APBD maupun APBN di kabupaten Gunung Mas. Sehingga dapat diketahui secara dini kendala dan permasalahan yang timbul,untuk dapat diambil tindakan pencegahan dan koreksi agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan acuan dan rencana yang telah ditetapkan,” papar Yans.

Kegiatan yang didahului laporan Kepala BP3D Gumas Salampak, dihadiri  Asisten I, Ambo Jabar, Asisten II, Yohanes Tuah, pimpinan OPD, sejumlah pejabat eselon III dan IV. (Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close