Sekda Ungkap Penghambat Penyusunan Perencanaan Keuangan Desa

Rapat Kerja Aparat Desa dan BPD se-Kecamatan Tanah Siang Selatan yang dipimpin oleh Sekda Mura, Hermon didampingi Kepala BPMD, dan Camat Tanah Siang Selatan, Anita.(Media Dayak/Lulus)

Puruk Cahu, Media Dayak

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Murung Raya (Mura), Hermon mengungkapkan faktor yang menjadi penghambat penyusunan perencanaan keuangan tingkat desa. Dia menyampaikan hal tersebut pada acara Rapat Kerja Aparat Desa dan BPD se-Kecamatan Tanah Siang Selatan, Selasa (21/01/2020).

“Berdasarkan hasil analisis situasi sosial, ditemukan permasalahan masih rendahnya kemampuan aparatur pemerintahan desa dalam pengelolaan penyusunan kebijakan desa dan manajemen pelayanan Desa dan minimnya kemampuan tenaga pengelola keuangan desa telah menghambat penyusunan perencanaan keuangan,” katanya.

Hermon menilai, peningkatan kapasitas aparatur desa dalam tata kelola administrasi pemerintahan desa menjadi hal yang sangat penting dalam mengurangi berbagai permasalahan desa, baik dari aspek administrasi pemerintahan maupun tata kelola keuangan.

Sekda berharap Pelatihan dan Rapat Kerja Aparat Desa dan BPD se-Kecamatan Tanah Siang Selatan dapat meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan di desa yang mampu berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di desa itu Sendiri.

Adapun tentang keberadaaan pendamping desa sebagai tenaga fasilitator, Sekda berharap agar pendamping desa dapat memberikan daya dukung terhadap peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan dan masyarakat.

“Pelatihan dan Rapat Kerja Aparat Desa dan BPD se-Kecamatan Tanah Siang Selatan ini diharapkan membuat pelaksanaan atau tugas dan fungsi pemerintahan desa akan semakin baik, efektif dan efisien sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk mewujudkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik pula tentunya,” tutup Hermon.(Lulus/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close