Sekda Kalteng Buka Rakor Latsar CPNS dan Diklatpim

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri membuka rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pelatihan dasar (Latsar) CPNS dan Diklatpim Provinsi Kalteng Tahun 2019, Jumat (5/4), di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalteng.

Dalam sambutannya, Sekda Kalteng menyatakan, BPSDM merupakan kawah candradimuka dalam membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang handal, kompeten, berintegritas, berdaya saing dan mampu mengikuti perkembangan di era digitalisasi serta berkinerja tinggi.

Meskipun demikian, Fahrizal Fitri menyatakan, pengembangan Sumber Daya Manusia di Provinsi Kalteng membutuhkan koordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Kalteng dan Kabupaten/Kota untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang profesional dan kompeten.

“Melalui kegiatan Rapat Koordinasi ini BPSDM Provinsi Kalteng sebagai Lembaga Pelatihan terakreditasi dan instansi penjamin mutu Diklat harus mampu melaksanakan kegiatan dengan mekanisme yang sitematis, terintegrasi dan berkelanjutan untuk menjamin seluruh proses penyelenggaraan pelatihan telah sesuai dengan standar mutu,” terang Fahrizal.

Pihaknya berharap proses penyelenggaraan pemerintahan ke depan, CPNS betul-betul bisa memahami kebutuhan secara nasional bahwa saat ini telah memasuki revolusi industri 4.0 yang segala sesuatunya berjalan dengan digitalisasi.

“BPSDM sebagai Lembaga Diklat Provinsi Kalteng tidak bisa berdiri sendiri. Dengan adanya penyelenggaraan rakor ini, kita bisa bersama-sama memikirkan solusi terkait pengembangan kompetensi SDM ASN, terutama dalam rangka penyelesaian Pelatihan Dasar CPNS tahun 2019 ini yang secara keseluruhan berjumlah 3.467 orang,” ujarnya.

Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, Fahrizal Fitri mengatakan, merupakan pekerjaan rumah bagi Pemprov Kalteng untuk penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS. Namun dia belum bisa menyatakan mekanisme pelaksanaannya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Kalteng Sri Widanarni menyebut, tujuan rakor persiapan pelaksanaan pelatihan dasar CPNS dan Diklatpim Provinsi Kalteng Tahun 2019, membahas kesiapan anggaran pemerintah kabupaten/kota untuk pelaksanaan Latsar dan Diklat kepemimpinan tahun anggaran 2019.

“Tujuan kedua untuk koordinasi kesiapan sarana dan prasarana kediklatan yang ada di kabupaten/kota yang akan melaksanakan latsar CPNS,” ujarnya.

Tujuan lainnya, Sri menyebut untuk membahas persiapan kegiatan Sinopadik dan Jambore Inovasi Nusantara tahun 2019 yang mana Kalteng terpilih sebagai tuan rumah.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close