Sekda Imbau Jemaah Haji Tahun Depan untuk Hati-Hati

Rapat koordinasi epulangan jemaah haji Tahun 2019 di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng dipimpin langsung oleh Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, Kamis (22/8). (Media Dayak/Yanting).

Palangka Raya, Media Dayak

      Sekretaris Daerah(Sekda)Provinsi Kalimantan Tengah(Kalteng)Fahrizal Fitri mengimbau kepada masyarakat Kalteng yang akan mengikuti penyelenggaraan ibadah haji tahun depan untuk lebih hati-hati. Pasalnya,menjadi evaluasi saat ini bahwa banyak jemaah haji di Makkah yang tersesat dan kecopetan.

Sekda mengatakan,masalah kecopetan tersebut menyangkut kehati-hatian daripada personal yakni jemaah haji itu sendiri. Untuk itu,pihaknya berharap jemaah haji ke depan, tidak membawa uang ataupun perhiasan yang dapat memicu terjadinya hal-hal tidak diinginkan seperti kecopetan dan lainnya.

“Saya minta kepada calon jemaah haji yang akan mengikuti ibadah haji pada tahun 2020 untuk membawa uang seperlunya dan tidak menggunakan perhiasan,” ungkapnya saat diwawancarai usai rapat koordinasi kepulangan jemaah haji Tahun 2019 di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (22/8).

Dijelaskannya, terkait banyak jemaah haji yang tersesat di Makkah juga menjadi salah satu bahan evaluasi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Meski masalah tersesat ini merupakan hal klasik yang sudah sering terjadi dan dialami oleh siapapun yang sedang melaksanakan ibadah haji.

“Laporannya jemaah yang banyak tersesat adalah mereka dengan usia yang sudah lanjut, dan ini wajar saja. Tetapi, hal ini dapat ditangani oleh petugas karena banyak petugas yang stand by di lokasi untuk membantu dan memulangkan jemaah yang tersesat ke tempat awal,” tutup Sekda.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close