Sekda Barito Timur Kembali Terpilih Sebagai Ketua Kwarcab

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Timur, Eskop, kembali terpilih menjadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Timur periode 2019-2024(Foto Media Dayak/Agustinus)

Tamiang Layang , Media Dayak
Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas melantik Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Timur periode 2019-2024 di GPU Mantawara. Jumat 20 Desember 2019.

Pada periode ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Timur, Eskop, kembali terpilih menjadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Timur.

Saat menyampaikan sambutan, Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengatakan, kemajuan yang dicapai dalam pembangunan saat ini telah memberi dampak positif maupun negatif dalam kehidupan masyarakat terutama generasi muda, oleh karena itu sesuai dengan tujuan dan tugas pokok Gerakan Pramuka senantiasa berfokus pada obyek generasi muda atau peserta didik baik kuantitas maupun kualitasnya.

“Diatas semua itu, segenap jajaran Gerakan Pramuka di Kabupaten Barito Timur hendaknya terus menerus memelihara semangat kepramukaan yang ikhlas, rela berkorban dan menolong sesama, mencintai lingkungan yang berlandaskan atas Satya dan Dharma Pramuka,” kata Ampera.

Gerakan Pramuka, diharapkan menjadi perekat persatuan dan kesatuan, dalam menumbuhkankembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme yang berkualitas, sehingga para anggota Pramuka dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan bangsa.

Menurut Ampera, pelantikan Pengurus Kwarcab Barito Timur ini juga menjadi landasan untuk menentukan langkah dan postur kegiatan Kwarcab lima tahun kedepan, sasaran apa yang diprioritaskan untuk pengembangan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Barito Timur.

“Kita sepakat kegiatan-kegiatan kepramukaan saat ini patut kita dukung bersama sebagai wujud upaya antisipasi terhadap perkembangan zaman, khususnya perkembangan dunia informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini yang kian hari berkembang pesat. Yang kita antisipasi bukan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya, namun dampak negatif dari perkembangan teknologi tersebut,” papar Ampera.

Dia memandang kegiatan  kepramukaan merupakan salah satu langkah yang strategis dilaksanakan Gerakan Pramuka sebagai sarana untuk lebih mengembangkan lembaga organisasi kepramukaan dan juga untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka di seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Barito Timur.

“Kepada Pengurus Kwarcab periode 2019-2024 yang baru dilantik, saya ucapkan selamat menjalankan tugasnya sebagai Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Timur,” pungkas Ampera.

Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Timur, Kabari Barito Timur, Pabung Kodim 1012 Buntok dan Kasatbinmas Polres Barito Timur.(Gus)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close