Satgas Covid-19 Kalteng akan Pantau Orang Asing dan Perketat Jalur Masuk Bandara

Kepala gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 Kalteng, Leonardo S Ampung didampingi pejabat terkait lainnya, saat gelar pers release di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (20/03/2020).(Media Dayak Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Dengan meningkatnya status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat pada tanggal 20 Maret 2020, maka pemerintah provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui satuan gugus tugas penganan dan pencegahan covid-19 Kalteng akan meningkatkan koordinasi dengan stakeholder (SOPD, TNI, Polri).

“Kita akan koordinasi lebih intens antara pihak TNI, Polri dalam menjaga pengamanan, untuk memperperluas lagi untuk mengamankan, memantau orang asing yang akan masuk ke tempat kita, tenaga kerja asing (TKA) yang ada di tempat kita Kalteng,” tegas kepala gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 Kalteng Leonard S Ampung di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (20/03/2020).

Dari bandara, kemudian dari pelabuhan, juga lewat darat, lanjutnya, kita pantau bekerjasama dengan TNI Polri dan juga kabupaten/kota melalui gugus tugas yang ada di kabupaten/kota se-Kalteng.

“Status sudah naik dan tentunya kita berharap ini tidak bertambah meluas. Tetapi antisipasi kita adalah tetap melakukan edukasi, kemudian pencegahan itu melalui dengan kita menjaga jarak social distancing, dan terus melakukan pola hidup sehat,” jelasnya kepada media.

Selaku umat beragama, Leo mengimbau masyarakat Kalteng untuk tidak lupa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama masing-masing.

Sedangkan untuk pengawasan di Bandara, Leo mengungkapkan, pihaknya telah memperketat jalur masuk penumpang ke daerah ini, dan saat ini SOP di Bandara di nilai sudah bagus (tepat, red).

“Jadi kalau suhu badan lebih tinggi dari yang ditetapkan, kita akan karantina, untuk dilakukan tindakan sesuai dengan SOP nb yang sudah ditetapkan karena sudah ada ruang karantina disana,” katanya.(Yanting)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close