RSUD Doris Sylvanus Merekrut Tenaga Medis Sukarela

Wakil Kepala Gugus Tugas Percepatan Pencegahan covid-19 Kalteng Suyuti Syamsul didampingi pejabat terkait saat gelar pers release di media center covid-19 kantor Gubernur Kalteng, Senin (23/03/2020). (Media Dayak Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Mengatasi kurangnya tenaga medis dalam penanganan covid-19 di RSUD Doris Sylvanus kota Palangka Raya, maka pihak RSUD Doris akan merekrut tenaga medis sukarelawan.

Wakil Kepala Gugus Tugas Percepatan Pencegahan covid-19 Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, RSUD Doris Sylvanus mengajukan dispensasi ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng berkenaan dengan perekrutan tersebut lantaran beberapa faktor, salah satunya mengantisipasi kejadian sakit/kelelahan kepada para tenaga medis yang selama ini menangani pasien berkenaan dengan covid-19 ini.

“Tenaga medis, baik itu perawat maupun dokter, pasti kelelahan dan orang yang kelelahan biasanya tentu mudah sakit. Mengantisipasi itu, maka tenaga medis yang telah lama kontak dengan pasien covid-19 kami istirahatkan dan kami tetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng ini, saat pers release di ruang media center covid-19 di Kantor Gubernur Kalteng, Senin (23/03/2020) sore.

Ia mengatakan, para relawan itu nantinya akan dimanfaatkan selama pemerintah membutuhkan tenaga medis dengan adanya covid-19. Meskipun dinamakan relawan, pemerintah akan memberikan insentif kepada para relawan ini nantinya.

“Dengan penambahan relawan ini, harapannya tidak ada tenaga medis di Kalteng yang ditetapkan sebagai PDP ataupun terkonfirmasi positif covid-19, karena nantinya yang kelelahan akan bergantian dengan tenaga medis yang lainnya,” papar Suyuti.

Suyuti juga mengungkapkan, saat ini tenaga medis yang berkenaan dengan Covid-19 di Kalteng hanya berstatus ODP, dan tidak ada yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Lebih lanjut Suyuti Syamsul mengatakan, saat ini pemerintah provinsi Kalteng telah menyiapkan beberapa tempat alternatif selain perluasan penggunaan RSUD Doris Sylvanus. Saat ini pihaknya sedang dalam proses penyiapan tempat pasien covid-19 di wilayah Palangka Raya dan sekitarnya di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalteng.  

“Nantinya, para relawan ini pula yang mengelola tempat tersebut. Dan pada Minggu 22 Maret lalu, kami telah melakukan pertemuan dengan para Direktur seluruh RS termasuk RS swasta agar mengirimkan beberapa tenaga medis untuk membantu tenaga medis di RSUD Doris Sylvanus dalam penanganan covid-19 ini,” pungkasnya. (YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close