Ratusan Pelanggar Terjaring Selama Operasi Razia Zebra

OPERASI ZEBRA-Satlantas Polres Barito Utara ketika melaksankaan operasi Zebra di halaman gedung Balai Antang Muara Teweh, beberapa waktu lalu.(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

       Selama dilaksanakannya Operasi Zebra Talabang 2019 yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Barito Utara (Barut), dari tanggal 23 Oktober hingga 5 November, terdapat sebanyak ratusan pengendara yang terjaring razia. Terhadap para pengendara tersebut sebagian besar diberikan sanksi tilang dan sebagian lagi diberikan saksi teguran.

Kapolres Barito Utara, AKBP Dostan Matheus Siregar Sik melalui Kasat Lantas AKP Zulyanto LK mengatakan, bahwa selama operasi razia yang dilaksanakan ada sebanyak 497 pelanggar lalulintas, terhadap para pengendara ini diberikan saksi tilang dan sebanyak 39 pengendara lainnya juga diberikan sanksi teguran.

“Pelanggaran didominasi oleh kendaraan roda dua, karena masalah kelengkapan administrasi pengemudi dan penggunaan helm. Sedangkan untuk R4 dengan pelanggaran administrasi berkendara serta penggunaan safety belt,” katanya, Selasa (5/11).

Dikatakannya pula, bahwa selama operasi razia zebra ini pula ditemukan sebanyak satu kecelakaan lalulintas dengan korban mengalami luka ringan dan kerugian materil yang ditimbulkan sekitar kurang lebih Rp 2 juta.

Zulyanto juga menambahkan, memang operasi zebra sudah selesai, akan tetapi pelaksanaan penindakan pelanggaran lalu lintas akan tetap berjalan sebagaimana yang seharusnya.

“Jadi tidak ada lagi anggapan bahwa tertib berlalu lintas ini cuman ada pada saat operasi-operasi kepolisian saja, kegiatan penindakan pelanggar lalulintas ini akan kami laksanakan terus untuk meminimalisir kecelakaan lalul lintas,” ujar Kasat Lantas.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close