Putra Dayak Layak Jadi Menteri Jokowi

image_print

 Ir.Nusa Joseph Toendan.

Kuala Kurun, Media Dayak

       Salah satu Putra Dayak Kalimantan Tengah (Kalteng) yang kini bermukim di Jakarta, Nusa Joseph Toendan menyatakan, Putra Dayak Kalimantan memiliki kapabilitas untuk menjadi Menteri pada Kabinet Kerja Jilid II Pemerintahan Jokowi-KH Maruf Amin 2019-2024.

“Kalau beliau (Jokowi-KH Maruf Amin) memilih Menteri di pemerintahan keduanya dari keterwakilan putra/putri terbaik dari 34 Provinsi yang ada, maka putra/putri dari Kalimantan layak beliau angkat sebagai pembantunya. Alasannya, Kalimantan merupakan bagian dari NKRI,Kalimantan telah berkontribusi banyak bagi Republik ini, sejak pemerintahan Presiden Soekarno hingga sekarang,” kata Nusa melalui pesan elektroniknya, Kamis (4/7).

Di Pemilu Presiden 17 April lalu, ujar Cebi, panggilan karib Nusa Joseph Toendan, masyarakat Dayak merupakan  pemilih yang punya andil besar dalam pemenangan pasangan Jokowi-KH Maruf Amin. 

“Di Kalimantan Tengah, dukungan suara beliau sangat besar, sehingga beliau menang. Tidak berlebihan kalau masyarakat Kalimantan Tengah dan masyarakat Kalimantan umumnya berharap Pak Jokowi dan Pak KH Maruf Amin mengangkat Menteri dari Kalimantan di kabinet selanjutnya,” tegas pria yang fasih berbahasa Jepang tersebut dan pernah menjadi Wakil Ketua Fraksi Utusan Daerah MPR RI periode 1999-2004.

Lalu siapa kira-kira putra-putri Kalimantan yang memiliki kemampuan untuk dapat jadi Menteri Jokowi-KH Maruf Amin?. Nusa menyatakan Cornelis sebagai putra Kalimantan yang merupakan mantan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) dua periode, anggota DPR RI terpilih 2019-2024, Presiden MADN dan Ketua DPD PDIP Kalbar cukup pantas.

“Bapak Agustin Teras Narang, Gubernur Kalteng dua  periode, Anggota DPD RI terpilih 2019-2024, dan mantan Ketua Komisi II dan III DPR RI. Bapak Willy M Yoseph, mantan Bupati Murung Raya dua periode, anggota DPR RI terpilih 2019-2024, dan Ketua ICDN. Bapak Ismail Thomas, mantan Bupati Kutai Barat dua periode,anggota DPR RI terpilih 2019-2024, dan Ketua DPC PDIP Kutai Barat Kalimantan Timur, serta Bapak Ellia Embang selaku Rektor Universitas Palangka Raya, anggota Tim Nasional Percepatan Pembangunan Kalteng,” tutur putra Dayak asal Tewah yang pernah maju menjadi Cawagub Kalteng bersama Cagub H A Dj Nihin untuk periode 2005-2010.

Ditegaskannya, sejak Republik ini didirikan oleh pejuang-pejuang bangsa termasuk dari suku Dayak, belum pernah ada orang Dayak menjadi Menteri. Padahal sumbangsih Kalimantan dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan RI dan sebagai penghasil devisa dari SDA nya sungguh luar biasa dibandingkan daerah-daerah lain yang putera puterinya diangkat sebagai Menteri.

“Kalau dari Provinsi lain ada Menterinya, kenapa dari Kalimantan tidak ada? Putra-putri dari Provinsi lain mungkin dinilai punya kemampuan, putra-putri Dayak Kalimantan pun juga punya kemampuan. Kalau menerapkan asas kesamaan dan keadilan, maka angkatlah putra-putri Dayak Kalimantan sebagai Menteri,” pungkas Nusa.(Nov)

Menampilkan lebih banyak
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda.