Polres Katingan Tangkap Terduga Pengedar SS

Tersangka Ito saat digeladah jajaran Satresnarkoba Polres Katingan, di TKP. (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Jajaran Satuan Reskrim Narkoba Pores Katingan tangkap terduga pengedar narkotika jenis Sabu Sabu (SS), Selasa sore (12/2) sekitar pukul 16.30 Wib kemaren, di jalan Tumbang Samba KM 01 RT 002 desa Hampalit kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

            Dia adalah Juminto alies Ito bin Sulaiman (29) warga desa Bukit Raya Rt 009 RW 004 kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) provensi Kalimantan Tengah  (Kalteng). “Sedangkan barang buktinya dismaying dua paket narkotika jenis SS denganberat brutto sekitar 6,83 gram, juga 1 buah plastik kill bening ukuran 3×4, 1 bush HP merek Maxtron warna hitam Dan 1 unit Mobil Toyota Alya warna Putin dengan Nopl D 1542 YBE,“ kata Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah melalui Kasat Reskrim Narkoba, Iptu M Y Sukmawijaya kepada sejumlah media, Rabu (12/2) lalu.

            Selanjutnya dia menjelaskan tentang kronologis pengungkapannya, pada Selasa sore (12/2) sekitar pukul 16.30 Wib kemaren anggota Satres Narkoba Polres Katingan mendapatkan informasi dari masyarakat tentang peredaran narkotika jenis SS di wilayah kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.  “Atas insformasi tersebut, anggota langsung melakukan penyelidikan,“ terangnya.

            Ketika melakukan penelidikan menurutnya tiba-tiba diperoleh lagi informasi yang menyatakan adanya sesesorang yang Alan melakukan transaksi di Jalan Tumbang  Samba KM 01 desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir. Atas informasi tersebut, anggota langsung melakukan pemantauan di sekitar TKP. Di saat melaksanakan pengamaan dan pemantauan, anggota mencurigai Mobil Toyota Alya warna putih yang ketika itu berhenti di sisi jalan yang persis do depan sebuah warung.

            Kemudian anggota selain mengamankan pengemudi mobil tersebut juga menanyakan kepada pengemudi yang mengaku bernama Juminto alies Ito itu. Saat diintrogasi oleh anggota, lanjutnya, yang bersangkutan mengaku akan melakukan transaksi SS dengan seseorang.  Dengan meminta bantuan kepada masyarakat di sekitar TKP untuk menyaksikan, anggota selanjutnya melakukan penggeladahan badan dan mobil yang dipakai Ito.

“Hasil penggeladahan, di dalam saku baju sebelah kiri ditemukan 2 packet narkotika jenis SS. atas perbuatannya tersangka beserta barang buktinya diamankan di Polres Katingan untuk proses sidik lanjut,“ jelasnya, seraya menyebutkan, tersangka akan diancam dengan pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (Kas/Lsn)

 

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close