Pile Slab Kolam Akan Diresmikan Gubernur

Kepala Dinas PUPR Kalteng: Salahuddin

Palangka Raya, Media Dayak

Pembangunan infrastruktur di Kalteng semakin meningkat. Tidak hanya di kawasan ibu kota provinsi Kalteng, tetapi juga di berbagai daerah yang menjadi perhatian dan sorotan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal tersebut terbukti dengan selesainya jembatan pile slab atau jalan layang rusa Pangkalanbun-Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat, yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran pada hari Sabtu 15 Februari nanti.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahuddin mengatakan, pile slab tersebut merupakan jembatan penghubung antara Pangkalanbun ke Sukamara. Pembangunan pile slab telah menghabiskan anggaran sekitar Rp300 miliar

“Panjang jalan layang yang telah dibangun mencapai 3 (tiga) kilometer sehingga memperpendek jarak dari Pangkalanbun ke Sukamara,” jelasnya saat diwawancarai, Kamis (13/02/2020).

Shalahuddin menyebut, pengerjaan jembatan ini memakan waktu selama dua tahun anggaran. Yakni, dimulai pada Tahun 2018 sampai 2019 dan pembayaran sampai dengan tahun 2020.

“Sebelum pembangunan pile slab ini, jika terjadi banjir maka masyarakat Pangkalanbun yang hendak ke Sukamara atau sebaliknya harus memutar jalan melalui Simpang Runtu,” paparnya.

Dengan adanya jembatan yang akan diresmikan besok, jarak yang awalnya 160 kilometer terpotong hingga setengahnya. Sehingga, jarak tempuh Pangkalanbun ke Sukamara hanya 80 kilometer.

“Sesuai dengan harapan Gubernur Sugianto semoga dengan adanya jembatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Pangkalanbun maupun Sukamara dan sekitarnya,” tutup Salahuddin.(Yanting/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close