Pesan Bupati Usai Lantik Anggota BPD Kecamatan Kurun

Bupati Jaya Samaya Monong mengambil sumpah/janji anggota BPD 13 desa di Kecamatan Kurun. (Media Dayak/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun,Media Dayak

Bupati Gunung Mas (Gumas), Jaya Samaya Monong, melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Kurun, Senin (17/2) di aula Kantor Camat Kurun.

Dalam kesempatan itu,Jaya memberikan pesan penting kepada anggota BPD yang sudah diambil sumpah/janjinya, yaitu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab agar selalu ingat terhadap sumpah/janji yang sudah diucapkan.

“Laksanakan tugas saudara-saudari dengan berpedoman kepada ketentuan-ketentuan dalam Peraturan Perundang- Undangan,” kata Jaya.

Tujuan dibentuknya BPD, sambung Bupati, adalah untuk mendorong terciptanya kerjasama yang harmonis, dinamis dan sinergis dengan kepala desa, bukannya saling bertolak belakang dalam setiap menentukan langkah kebijakan di desa.

“BPD merupakan wakil rakyat untuk menyalurkan aspirasi masyarakat desa,sebagai perwujudan musyawarah mufakat, sebagai penyeimbang,kontrol dan pengawasan di lingkup desa,” kata Jaya menegaskan.

Ia berharap BPD menjadi wadah berpolitik bagi warga desa, sehingga mampu membangun sebuah tradisi berdemokrasi di tingkat desa.

Dia juga mengingatkan apabila menemukan kendala yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat desa, BPD tidak perlu segan untuk datang berkoordinasi dan berkonsultasi kepada pihak-pihak yang secara resmi telah diberikan kewenangannya masing-masing oleh Pemerintah maupun Pemerintah Daerah.

“(BPD) teruslah dan jangan lelah untuk belajar, berkoordinasi dan berkonsultasi untuk hal-hal yang belum di pahami, mengingat Peraturan Perundang-Undangan yang mengatur tentang desa sifatnya cenderung selalu berubah untuk penyempurnaannya menuju kearah yang lebih baik,” pinta Jaya.

Mengakhiri, suami Mimie Mariatie itu minta anggota BPD yang sudah diambil sumpah/janjinya untuk memiliki hati yang tulus dan sabar dalam mengayomi dan melayani seluruh masyarakat desa.

Anggota BPD yang diambil sumpah/janjinya, yakni BPD Petak Bahandang, Pilang Munduk, Tumbang Tariak, Tumbang Miwan, Tumbang Tambirah, Tumbang Hakau, Teluk Nyatu, Tewang Pajangan, Hurung Bunut, Penda Pilang, Tumbang Manyangan, Tumbang Lampahung dan Tanjung Riu.

Kegiatan di hadiri Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yulianus H Umar, Kadis Kesehatan dr Maria Efianti, Ketua TP PKK Gumas Ny Mimie Mariatie Jaya S Monong, Camat Kurun Holten dan undangan lainnya.(Nov/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close