Perusahaan Harus Dilengkapi APD

Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Media Dayak

Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri menegaskan seharusnya setiap perusahaan memiliki alat pengaman diri (APD) terhadap pekerja yang memiliki resiko kecelakaan kerja.

Menurut Fahrizal Fitri Pemprov Kalteng akan memantau bagaimana kepatuhan perusahaan terhadap regulasi pemerintah seperti penerapan kewajiban berkenaan dengan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

“K3 ini merupakan standar, jadi setiap pekerja yang memiliki resiko kecelakaan itu harus menyiapkan APD, contoh kecelakaan pekerja di salah satu perusahaan yang daerah Pulang Pisau yang jarinya kepotong merupakan akibat kecerobohan,” ungkapnya saat diwawancarai di Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (21/1).

Untuk itu lanjutnya, perlu ada antisipasi bagi karyawan tersebut dengan menggunakan peralatan yang dinilai bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja. Termasuk ketersediaan jaminan kesehatan ketenagakerjaan juga menjadi bagian dalam hal melaksanakan ketentuan regulasi pemerintah.

“Setiap dunia usaha harus mematuhi regulasi pemerintah termasuk setiap karyawan harus mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja dengan mendaftarkan karyawannya ke Jamsostek,” katanya kepada media.

Selain itu, Perusahaan tersebut juga mengaku tidak memberikan penggajihan sesuai standar upah minimum kabupaten (UMK). Padahal, lanjut Fahrizal, UMK ini batas limit terendah yang apabila perusahaan tersebut tidak memberikan upah dengan ketentuan itu maka bisa dikenakan pidana.

“Untuk itu, berkenaan dengan ini Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran sudah memerintahkan Disnakertrans Kalteng datang ke lokasi untuk cek seberapa jauh ketaatan mereka (perusahaan, red) terhadap regulasi pemerintah,” tegasnya.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalteng ini juga menyebut agar hal ini menjadi peringatan agar Disnakertrans baik di kabupaten/kota maupun provinsi aktif melakukan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan di Bumi Tambun Bungai ini. (Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close