Perlu Tanamkan Masyarakat Sadar Hukum

Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy memukul gong sebagai tanda dibukanya kegiatan lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) di Aula Bappedalitbang Kalteng, Kamis (26/9). (Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melalui Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy menyebutkan, Kalteng termasuk wilayah yang memiliki kendala yang cukup berat termasuk dalam masalah-masalah hukum. Untuk itu, perlu pembentukan dan pembinaan kelompok keluarga sadar hukum.

Diungkapkannya, saat ini lumayan besar perihal derasnya desakan dari komponen masyarakat untuk menyelesaikan persoalan hukum ditingkat semua jenjang pemerintah. Hal ini memberikan sinyal kepada pemerintah bahwa tingkat kesadaran dan hasrat untuk memperoleh perlakuan dan penegakan hukum telah menjadi kebutuhan pokok yang harus segera terpenuhi.

“Saat ini masyarakat semakin kritis, jeli dan memiliki kepekaan yang tinggi tentang masalah hukum,” ungkapnya saat membuka kegiatan lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) di Aula Bappedalitbang Kalteng, Kamis (26/9).

Namun, lanjutnya, patut disadari bahwa sikap kritis tersebut terkadang tidak didukung dengan pengetahuan dan Pemahaman yang utuh tentang hal-hal yang berkaitan dengan hukum secara teoritis maupun aplikasinya. Oleh sebab itu, pembentukan dan pembinaan keluarga sadar hukum dapat menjadi salah satu solusi yang mampu memecahkan persoalan-persoalan hukum tersebut.

“Salah satu hal yang bisa dilaksanakan oleh pihak yang membidangi dapat berupa berbagai kegaitan yang berkaitan dengan itu, dengan demikian dapat menjadikan masyarakat Kalteng yang cerdas hukum,” pungkasnya.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close