Perguruan Tinggi Kalteng Diminta Tingkatkan Kualitas Lulusan

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran didampingi Rektor UPR Adria Elia berserta pejabat lainnya foto bersama perwakilan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi Kalteng Berkah, usai melakukan upacara Dies Natalis ke-56 Universitas Palangka Raya, Senin (11/11).(Media Dayak/Yanting).

Palangka Raya, Media Dayak

         Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengharapkan seluruh jajaran dunia pendidikan di daerah ini untuk terus meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi sehingga mampu berkompetisi dengan tenaga kerja Iain dengan merebut kesempatan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat memberikan sambutan di acara Dies Natalis ke-56 Universitas Palangka Raya (UPR) di halaman Rektorat UPR, Senin (11/11). 

Sugianto menyebut, lembaga pendidikan tinggi harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetisi nasional dan intemasional, wawasan dan komitmen dalam mengupayakan mutu secara berkelanjutan perlu terus diperkuat. 

“Saya sangat menaruh harap kepada Iembaga pendidikan tinggi untuk terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan tinggi di Kalteng dengan melakukan inovasi tanpa henti, terobosan-terobosan ilmiah dalam pembangunan Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat wilayah Kalteng dalam kerangka otonomi daerah pada khususnya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sugianto memberikan apresiasi yang tinggi kepada UPR di bawah pimpinan Rektor Dr. Andria Elia, M.Si yang terus bekerja keras meningkatkan kualitas dan mutu UPR menjadi kebanggaan bersama dan merupakan satu-satunya Universitas Negeri yang ada di Kalteng.

“Apresiasi yang tinggi juga saya sampaikan kepada UPR, karena Alumni sekaligus Dosen UPR telah diangkat meniadi Waki Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yakni Bapak Drs. Alue Dohong. M.Sc., PhD, tentunya ini sangat membanggakan sekali bagi kita semua,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur menghimbau seluruh civitas akademika UPR untuk terus berusaha semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya yang berkaitan dengan profesionalisme di bidangnya. 

“Saya berharap kiranya lembaga pendidikan tinggi untuk dapat terus berupaya menjaga nama baik dan konsisten dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya. 

Gubernur meyakini, dengan didukung seluruh civitas akademika pemerintah provinsi dan pemerintah daerah serta masyarakat, UPR akan mampu berdiri sejajar dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan di dunia. 

Sementara itu, Rektor UPR Dr. Andria Elia, M.Si menyebutkan Dies Natalis ke-65 UPR adalah momen membangun dan memperkokoh kebersamaan menuju UPR jaya raya.

“Artinya dengan kita membangun, yakni membangun karakter, membangun visi, misi dengan kebersamaan akan tercapai UPR jaya raya, yang mampu membawa Kalteng ke regional, nasional, bahkan internasional,” bebernya.

Rektor UPR mengaku universitas yang dipimpinnya telah masuk kancah nasional, hal itu dibuktikan dengan terpilihnya salah satu Dosen UPR sebagai Wakil Menteri LHK RI di Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo-Ma’aruf Amin.

“Tidak ada yang tidak mungkin, sumber daya manusia kita bangun melalui perguruan tinggi UPR sebagai wadah pengembangan SDM regional, nasional bahkan global,” pungkasnya.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close