Perangkat Desa Diminta Teliti Terbitkan SKT 

Yulhaidir

Kuala Pembuang, Media Dayak

Bupati kabupaten Seruyan, Yulhaidir mengingatkan kepada perangkat desa maupun kelurahan, agar jangan asal menerbitkan Surat Keterangan Tanah (SKT). Karena, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah persengketaan dikemudian hari, yang pada akhirnya dapat memicu konflik antar yang bersengketa.

Dijelaskanya, jika ada masyarakat yang mengajukan pembuatan SKT ataupun pembuatan Surat Pernyataan Tanah (SPT), maka hendaknya pihak aparatur desa maupun kelurahan melakukan pengecekan ke lapangan terlebih dulu. Hal ini, dilakukan guna menghindari adanya tumpang tindih terhadap kepemilikan tanah tersebut.

Menurutnya, pengecekan ke lapangan ini sangat penting untuk mengetahui secara pasti untuk mengumpulkan data-data yang valid mengenai tanah dimaksud. Baik, keberadaan lokasi tanahnya, ukurannya berapa, bersebelahan dengan siapa sebagai saksi-saksinya. Sehingga, informasi mengenai tanah itu betul-betul jelas dan valid.

Dijelaskanya, ini untuk menghindari timbulnya perselisihan ataupun persengketaan atas tanah yang hendak dibuatkan surat-suratnya. Sehingga, sebelum hal itu terjadi, maka memang sebaiknya dilakukan pengecekan atau crosscheck ke lokasi tanah yang hendak dibuatkan surat-menyuratnya.

Selain itu, mengenai tarif pembuatan SKT pemerintah daerah sudah mengeluarkan Peraturan Bupati yang dimana dalam aturan itu mengatur semuanya baik itu tarif pembuatan SKT sehingga aparatur desa jangan sampai mematok tarif yang tidak sesuai Perbup itu.

Lebih jauh dikatakanya, dirinya menghimbau kepada aparatur desa maupun kelurahan, agar tidak asal menerbitkan surat-surat tanah seperti SKT. Selain itu dirinya juga mengharapkan agar pihak pemerintahan desa maupun kelurahan dapat terus meningkatkan ketertiban administrasinya dengan memiliki database yang lengkap dan sah atas kepemilikan tanah.

Sehingga, apabila ada masyarakat yang hendak menggugat maupun mempermasalahkan suatu kepemilikan tanah yang sudah dinyatakan sah, maka pihak pemerintahan desa maupun kelurahan sudah memiliki data-data yang valid dan siap untuk menghadapinya. (Rul)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close