Pengunjung Perpusda Kalteng Hanya Bisa Pinjam Buku

Susana Ria Aden

Palangka Raya, Media Dayak

Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah mengurangi pelayanan yang diberikan kepada pengunjung perpustakaan daerah provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi/mencegah penularan Covid-19

Perpustakaan daerah provinsi Kalimantan Tengah biasanya memberikan pelayanan peminjaman buku, memperkenankan pengunjung untuk membaca di tempat, dan menyediakan jaringan internet untuk pelajar dan mahasiswa mengerjakan tugas.

“Mulai hari ini, perpustakaan daerah tidak memperkenankan pengunjung untuk membaca atau mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah di tempat,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Susana Ria Aden, Kamis (19/03/2020).

Susana Ria Aden menyatakan, hal tersebut dilakukan sesuai arahan dari Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Tengah untuk menghindari terjadinya kerumunan massa guna mengurangi penyebaran Covid-19.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi Kalimantan Tengah juga telah mengeluarkan edaran yang mengizinkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah eselon IV dan tenaga kontrak untuk tidak masuk kerja.

“Yang wajib kerja hanya eselon II sampai eselon IV. Kami dianjurkan untuk tutup, tapi kami membuat kebijakan untuk melakukan rolling kepada staf yang bekerja agar perpustakaan daerah tetap buka,” ujarnya.

Larangan membuat kerumunan massa dan kebijakan BKD Kalteng itu, kata Susana Ria Aden, membuat Dinas Perpustakaan dan Arsip provinsi Kalimantan Tengah hanya memperkenankan pengunjung perpustakaan daerah meminjam buku untuk dibawa pulang.

Susana Ria Aden menyadari, masih banyak pengunjung perpustakaan daerah yang belum memiliki kartu anggota, sehingga tidak bisa meminjam buku. Dia mengimbau pengunjung yang belum memiliki kartu anggota untuk segera membuatnya.

“Kalau mau pinjam buku, silakan buat kartu anggota perustakaan daerah. Kalau enggan membuat kartu anggota tapi masih ingin pinjam buku, silakan minta tolong kepada teman yang punya kartu anggota perpustakaan. Pemilik kartu anggota yang nantinya akan bertanggung jawab atas pengembalian buku,” terangnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip provinsi Kalimantan Tengah ini mengungkapkan, peraturan bahwa pengunjung hanya bisa meminjam buku akan berlangsung sesuai perintah Gubernur Kalteng, yaitu hingga 1 Maret 2020. “Mengenai akan diperpanjang waktunya atau tidak? Itu terserah kebijakan pimpinan. Kami harap pengunjung perpustakaan daerah dapat mengerti dan memahami hal ini,” pungkas Susana Ria Aden.(Asep)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close