Pendidikan Sebagai Pendorong Pembangunan

Sugianto Sabran

Palangka Raya, Media Dayak

     Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menegaskan, penguatan pembangunan di bidang pendidikan di daerah ini, yang diprogramkan pemerintah tidak hanya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Namun, langkah pemerintah tersebut berkaitan dengan pembangunan daerah dalam artian yang lebih luas.

Sugianto mencotohkan, Singapura yang merupakan negara kecil mampu berkembang sangat pesat karena menekankan pembangunan pendidikan. Hal tersebut menandakan bahwa sektor pendidikan merupakan lini yang paling penting dan harus difokuskan pemerintah.

“Jangan sepenuhnya berharap sumber daya alam untuk pembangunan, karena sektor itu bisa habis. Tapi pendidikan, ini merupakan alat yang paling dibutuhkan dalam percepatan pembangunan,” sebutnya.

Gubernur Sugianto mengatakan, sejumlah negara maju mampu berkembang bukan karena kekayaan sumber daya alamnya. Namun lebih karena pemerintahnya memfokuskan peningkatan pendidikan di berbagai sektor, sehingga menghasilkan SDM berkualitas yang berpengaruh baik terhadap pembangunan daerah.

“Seperti Singapura itukan kan negara biasa saja, sumber daya alamnya tidak terlalu begitu memadai. Tapi karena pemerintahnya fokus dan punya komitmen kuat dalam pendidikan, makanya bisa maju. Jadi ini adalah contoh bahwa pendidikan itu penting,” tuturnya.

Terkait hal tersebut, Sugianto mengklaim bahwa pemerintah provinsi telah melaksanakan dan memaksimalkan program-proram pendidikan, baik yang bersumber dari pemerintah pusat dan yang dilaksanakan oleh daerah sendiri.

Diungkapkan Gubernur, salah satu yang dilakukan pemerintah, yakni memaksimalkan kucuran beasiswa terutama bagi masyarakat tidak mampu agar tetap bisa bersekolah. Termasuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan hingga kesejahteraan tenaga pendidikan turut menjadi perhatian pemerintah.

“Ya, memang pendidikan ini kalau dilihat langsung dampaknya terhadap SDM yang berkualitas. Tapi dilihat lagi lebih jauh, maka dampaknya terhadap pembangunan. Karena SDM ini juga berkaitan dengan upaya pemerintah ke depannya,” katanya.

Pihaknya menambahkan, pemerintah provinsi memastikan mengontrol anggaran pendidikan yang ada di kabupaten dan kota. Hal tersebut untuk memastikan anggaran pendidikan yang disiapkan oleh pemerintah setempat mampu mengakomodir pembangunan sektor tersebut di semua jenjang.

“Provinsi di satu sisi juga membantu kabupaten dan kota, biarpun yang dibantu itu kewenangan pemerintah setempat. Ini perlu dilakukan karena kita ingin pendidikan ini maju sangat cepat,” tutup Sugianto Sabran.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close