Pendamping Desa Merupakan Pionir Utama P3MD

Foto : Asisten I Setda Kalteng Hamka membacakan sambutan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran di acara Rakor P3MD di Swiss-Belhotel Hotel, Kamis (27/2). (Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran, mengharapkan para pendamping desa merupakan pionir dalam Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) lantaran, aktifitas para pendamping desa yang setiap hari berbaur dan mendampingi masyarakat di desa, menjadi sangat strategis didalam mempercepat akselerasi pelaksanaan pembangunan di desa.

“Saya berharap, agar pendampingan yang dilaksanakan di Provinsi Kalteng, dapat menjadi pionir utama dan bagian penting dalam pelaksanaan pembangunan, serta dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya, dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyakarat Kalteng,” kata Gubernur melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Hamka.

Gubernur mengatakan, keberadaan para tenaga pendamping desa merupakan salah satu instrumen penting, dan garda terdepan didalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan di Desa.

“Keberadaan para pendamping desa yang bertugas dilapangan yang tersebar di 13 Kabupaten, 136 Kecamatan dan 1.432 desa yang ada diseluruh wiiayah Kalteng merupakan modal dan kekuatan besar dalam melaksanakan pembangunan,” katanya saat membuka kegiatan rapat koordinasi (Rakor) P3MD di Swiss-Belhotel Hotel, Kamis (27/2).

Pihaknya mengatakan, dalam konteks Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng, P3MD sangat sejalan dengan Visi Misi sebagai Gubernur H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail, khususnya pada misi yang ke 4 yaitu pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

Pemberdayaan masyarakat desa, tambah Gubernur, merupakan instrumen yang sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan

“Oleh karena itu, menciptakan kehidupan yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi masyarakat perdesaan melalui pembangunan dan pemberdayaan merupakan program prioritas dan komitmen pemerintah daerah saat ini,”pungkasnya. (YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close