Penasihat Hukum Jamin Dana Anggota CUSR Aman

Kuasa Hukum Kopareasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) Muara Teweh Hardiansyah dan Chandra S Jaya menjamin dana ribuan anggota koperasi tersebut aman, meski sudah terjadi penggelapan dana sebesar Rp16 Milyar.(Media Dayak/Ist)

Muara Teweh, Media Dayak

Dua Penasihat Hukum Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), Hardiansyah dan Chandra S Jaya, menjamin dana ribuan anggota koperasi tersebut aman, meski sudah terjadi penggelapan dana sebesar Rp16 Milyar.

“Seperti saya sampaikan saat pra-RAT tadi, uang dan aset anggota CUSR tidak hilang sepeserpun. Anggota tidak perlu takut, saya jamin itu. Aset para pelaku tidak akan dirampas untuk kepentingan negara,” tegas Hardiansyah didampingi Chandra, Pengurus CU Pusat Ampah Toriyanto, dan Pengawas CU Takulana, Rabu (26/02/2020).

Bahkan sebaliknya, menurut Hardiansyah, bagi CUSR dengan kejadian ini, personil manajemen yang telah melanggar aturan pasti diproses hukum. Sedangkan bagi anggota, ini menunjukkan bahwa koperasi CUSR tidak main-main. “Sedikit saja melakukan kesalahan, penjara,” ucap penasihat hukum yang juga mengaku sebagai anggota CU.

Mengenai pengembalian barang yang digelapkan, Toriyanto membenarkan tersangka EM alias Endang (39) secara sadar telah mengembalikan satu unit mobil Agya, sejumlah sertifikat, dan satu BPKB. Sedangkan dari tersangka lain belum ada.

Seperti diberitakan, skandal keuangan sekitar Rp16 miliar lebih di Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, terbongkar. Lima karyawan yang diduga terlibat tindak pidana penggelapan sudah ditahan polisi dengan sangkaan pidana penggelapan dalam jabatan, sebagaimana Pasal 374 KUHP.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close